spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Taufik Hidayat: Fraksi DPRD Sepakat Garut jadi 3 DOB

    GARUT, FOKUSJabar.id: Pengurus Komite Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru (KPP DOB) Kabupaten Limbangan gelar Rapat Pimpinan (Rapim) bertempat Kampung Cijambe, Kecamatan Balubur Limbangan, Kabupaten Garut, Sabtu (7/12/2019) malam.

    Holil Aksan

    Ketum KPP DOB Kabupaten Limbangan, Holil Aksan Umarzein menyebut, sejak awal berjuang mengusung Daerah Otonomi Baru Kabupaten Garut Utara (Gatra) tahun 2012, secara pribadi banyak menambah ilmu dan pengalaman yang begitu luar biasa.

    Kini, dia mendapat kepercayaan menjadi pengurus Forkoda Jawa Barat dan Dewan Penasihat Forkonas yang me.nangani khusus masalah pembentukan dan pemekaran Daerah Otonomi Baru di Provinsi Jawa Barat.

    Pemekarannya itu sendiri mendapat dukungan penuh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil (Emil) yang berkomitmen agar di Provinsi Jabar memiliki 42 Kabupaten/Kota.

    “ Tentunya ini peluang bagi Kabupaten Garut menjadi 3 Daerah Otonomi Baru (Garut Selatan, Limbangan dan Kota Garut,” kata Holil, Minggu (8/12/2019).

    Terkait hal itu, seluruh dokumentasi pengajuan DOB Gatra harus terarsipkan. Artinya, setiap rapat harus ada resume hasil rapat.

    “ Pak Gubernur sudah mendukung pemekaran. Sayang jika tidak disambut positif oleh Pemkab Garut,” ucap dia.

    Berita acara Forkoda Jabar harus bisa disinkronkan dengan kegiatan KPP DOB Kabupaten Limbangan. Semua persyaratan UU tentang Daerah Otonomi Baru harus dilengkapi, Demikian juga untuk anggarannya harus dipenuhi.

    Pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat siap menganggarkan 50 persen untuk proses percepatan pembentukan DOB. Sisanya, dianggarkan Kabupaten/Kota yang mengajukan DOB.

    Sekretaris Umum KPP Daerah Otonomi Baru Kabupaten Limbangan, Taufik Hidayat yang juga anggota DPRD Garut menegaskan, berdasarkan hasil lobi politik dengan anggota dewan lintas partai, mereka sepakat untuk mendorong Kabupaten Garut menjadi tiga DOB.

    “ Gatra (Limbangan) sangat diuntungkan karena merupakan daerah kawasan industri dan akan dibangun jalan tol,” ungkapnya.

    Terlebih, dalam Rapat Paripurna nota jawaban Bupati Garut seputar RPJMD, Rudy Gunawan menyebut, ke depan Kabupaten Garut harus dimekarkan.

    “ Saya optimistis, aspirasi Daerah Otonomi Baru Kabupaten Limbangan akan terwujud. Pasalnya, tiga pimpinan DPRD berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) 2 (Gatra),” imbuhnya.

    “ Saya juga bagian dari Banggar DPRD Garut, tentunya siap berjuang untuk mengalokasikan anggaran melalui APBD. Insya Allah, kalau kita kompak dan semua persyaratan terpenuhi, maka tidak alasan bagi Bupati Garut untuk tidak memberikan rekomendasi pembentukan DOB Kabupaten Limbangan,” pungkasnya.

    (Andian/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img