spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Olahraga Tradisional Hadang Diharapkan Semakin Dikenal

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Olahraga tradisional Hadang, Enam Cabang Olahraga (Cabor) dipertandingkan di Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) VIII 2019 yang berlangsung di Bandung, Senin-Sabtu (25-30/11/2019).

    Keenam Cabor tersebut, Atletik, Bola Voli, Futsal, Pencak Silat, Senam Santri dan olahraga tradisional Hadang.

    Kabid Olahraga Usia Dini dan Lansia Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Agustien Rien Arianti menuturkan alasan mempertandingkan enam Cabor di Pospenas 2019.

    BACA JUGA : PSBB Usai, 2 Terminal Bis di Kota Bandung Kembali Beroperasi

    “Pemilihan Cabor tentu ada kriteria dan spesifik dari kita semua bahwa kita memilih enam cabang ada masing-masing. Seperti bidang atletik, hadang, pencak silat yang sedang kita promosikan, bola voli, futsal, senam santri yang sudah identik dengan santri,” kata Agustien Rien Arianti. 

    Selain itu, dari sekian banyak olahraga yang dipertandingkan, pihaknya ingin mempromosikan olahraga tradisional hadang. Agustien Rien Arianti berharap, hadang semakin dikenal dan diminati generasi muda. 

    “Jadi memang, olahraga tradisional ini ingin sekali membumi. Kita ingin Hadang bisa jadi seperti pencak silat. Untuk itu, setiap event kita buat hadang untuk masuk sebagai olahraga tradisional tersebut. Kita juga suka gelar event olahraga tradisional dua tahun sekali,” jelasnya. 

    Cabor Hadang sendiri sudah menyelesaikan seluruh pertandingannya dan pada parti final di Laga Satria SPOrt Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung, Kamis (28/11/2019) tim putri Jabar berhasil meraih mendali emas, setelah mengalahkan Jatim dengan skor tipis 34-33. 

    Sedangkan tim putra Jabar harus mengakui keunggulan Jatim di laga puncak, Jabar menyerah dengan skor 26-44 atas Jatim dan harus puas dengan medali perak.

    (Arif/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img