spot_img
Minggu 28 April 2024
spot_img
More

    Antara Mitos dan Wisata, Sasak Cirahong Ciamis Melegenda

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Sasak Cirahong sepanjang 202 meter dan tinggi 66 meter merupakan satu-satunya jembatan di Indonesia yang memiliki dua fungsi dalam satu perlintasan. 

    Jembatan tersebut dibangun pada abad 18 yang berfungsi menghubungkan jalur perekonomian Ciamis-Tasikmalaya. 

    Sasak Cirahong memiliki sejumlah pesona keindahan alam. Terlebih, saat Kereta Api (KA) melintas, banyak masyarakat yang mengabadikan momen tersebut.

    BACA JUGA: 8 Manfaat Daun Binahong dan Efek Sampingnya

    ” Saat pulang kampung dari Bandung ke Ciamis, saya selalu menyempatkan diri melihat Sasak Cirahong. Pasalnya, dari beberapa literatur menyebutkan bahwa jembatan ini sangat legendaris dibangun pada abad ke 18,” ungkap warga Bandung, Irfan Iskandar, Minggu (24/11/2019).

    Namun kata Irfan, literatur lain yang dia baca, Jembatan Cirahong menyimpan cerita misteri. Konon, saat proses pembangunannya telah memakan korban jiwa. 

    ” Literatur lainnya yang saya baca, selain bangunan yang nampak kokoh juga tersiar mitos di masyarakat. Katanya, Jembatan Cirahong bisa berdiri kokoh karena banyak memakan korban. Namun semua itu sulit membuktikannya,” terang dia yang juga Akademisi Pendidikan Sejarah yang satu ini.

    Akan tetapi, warga Ciamis harus berbangga hati karena memiliki Sasak Cirahong yang sangat terkenal di Indonesia. Terlebih, di areal sekitar jembatan bisa dijadikan wahana destinasi wisata alam buatan.

    “Dilihat dari letaknya, Sasak Cirahong cukup strategis dijadikan sebuah destinasi wisata buatan. Lokasi ini bisa dimanfaatkan para pengendara yang melintas di bawah jalur KA ini,” pungkasnya. 

    (Boip/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img