spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Disindag Gelar Pameran Otomotif Terbesar di Jabar

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Disindag, Jabar Otofest 2019 bakal menjadi fokus pemerintah provinsi Jawa Barat terhadap Industri Otomotif. Event tahun ini akan digelar di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (23/11/2019).

    Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disindag) Jabar Moh. Arifin Soendjayana mengatakan event akan mengusung tema ‘Menuju Kemandirian Otomotif Jawa Barat’. Acara tersebut pun diklaim menjadi pameran otomotif paling besar yang digelar.

    “Acara ini bukan untuk pameran otomotif saja, melainkan menunjukan peran Jawa Barat dan posisi pemerintah dalam industri otomotif di Indonesia,” kata Kepala Disindag, Kamis (21/11/2019).

    Baca Juga: Anjar Dapat Dukungan dari Pecinta Otomotif

    Menurut Arifin, Jawa Barat memiliki posisi penting dalam pertumbuhan dan daya saing industri otomotif nasional melalui pengembangan industri komponen dalam negeri. Termasuk di sektor industri kecil dan menengah (IKM).

    “Kami memiliki UPTD yang intens membina IKM komponen otomotif. Industri komponen masih memiliki pangsa pasar yang sangat luas baik domestik maupun ekspor serta berpeluang untuk terus dikembangkan teknologinya sehingga mampu bersaing di pasar global,” ucap Arifin Kepala Disindag.

    Kegiatan Jabar Otofest 2019 yang diselenggarakan Bidang Industri Logam, Mesin, Alat Trasnportasi dan Elektronika (ILMATE) Disperindag Jabar, akan menjadi ajang berkumpulnya sejumlah komunitas otomotif mulai dari pecinta otomotif, industri, hingga pemegang kebijakan.

    Acara akan diisi berbagai rangkaian kegiatan. Mulai dari OtoSeminar, OtoNgobrol, OtoMidiff, OtoPhoto, OtoCulinary, OtoMUsic, OtoFreeTuneUp, Jabar Otofest Promotion dan OtoCompetition. Juga akan dihadirkan beragam potensi yang relevan dengan dunia otomotif dan transportasi.

    “Pengunjung pun bisa mengunjungi pameran modifikasi kendaraan sekaligus kompetisi modifikasi,” kata dia.

    Untuk OtoFreeTuneUp yang akan memberikan layanan tune up pada pengunjung yang membawa roda dua dan roda empat. Mereka akan dilayani perkumpulan bengkel dan bengkel jasa service serta sejumlah SMK.

    Baca Juga: 321 Komunitas Otomotif Jabar Deklarasi Pemilu Damai

    “Untuk layanan service gratis, pengunjung terlebih dulu harus mendaftar,” tambahnya.

    Festival Jabar Otofest sendiri, lanjutnya, akan digelar berbarengan dengan agenda festival Pasar Rakyat sekaligus launching pilot project pusat distribusi provinsi yang akan dibuka Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Agenda ini diharapkan menjadi wadah komunikasi bagi dunia pasar, logistik dan industri dalam menyinergikan kegiatan yang dilaksanakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan yang akan dilakukan di masa mendatang.

    “Terutama dalam mendukung arah kebijakan dan strategi pembangunan bidang pasar rakyat,industri, dan logistik didalam penguasaan teknologi dan inovasi sehingga bersama-sama dengan dinas perindustrian dan perdagangan membangun pasar rakyat,industri dan logistik yang berdaya saing kuat dan produktif serta juara,” tegasnya.

    (AS/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img