spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Ketua Bawaslu Ciamis: Media Berperan Meningkatkan Partisipasi Pengawasan

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Bawaslu Ciamis memenangkan Bawaslu award, setelah melalui proses seleksi dari 514 kabupaten/kota se Indonesia pada September 2019. Sebagai bentuk apresiasi kepada media massa, Bawaslu Ciamis menggelar ‘Media Gathering’ Minggu-Senin (17-18/11/2019) di Hotel Tyara, Kabupaten Ciamis.

    Ketua Bawaslu Ciamis Uce Kurniawan mengatakan bahwa apresiasi terhadap Bawaslu tidak akan didapat tanpa bantuan dari media. Menurut dia, media massa berperan sebagai salah satu instrumen dengan bingkai pluralitas. Media pun tak henti menyampaikan informasi edukasi terkait pengawasan, bahkan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu 2019 lalu.

    “Media berperan penting dalam menyampaikan informasi, termasuk tentang sosialisasi pengawasan, yang mana simpul-simpul dan komponen pengawasan terbentuk melalui poroses sosialisasi. Di situ media hadir sebagai kepanjangan tangan Bawaslu,” kata Uce saat membuka Media Gathering, di Hotel Tyara, Kabupaten Ciamis, Minggu (17/11/2019).

    Sementara itu Bidang Penindakan dan Pelangaran Bawaslu Kabupaten Ciamis Fani Dwi Rianti mengatakan, media sangat berperan penting dalam memperbaharui (update) informasi kondisi Pemilu lalu.

    Seperti diketahui, pada Pemilu 2019 lalu, ada 28 pelanggaran Pemilu, 10 di antaranya berdasarkan laporan dan 18 lainnya berdasarkan temuan Bawaslu.

    “Di sini media berperan penting dalam penyebaran informasi terhadap aktivitas Bawaslu selama Pemilu berlangsung,”  kata Fani.

    Media Gathering yang digelar di Hotel Tyara dilakukan salah satunya untuk optimalisasi penguatan informasi publik, evaluasi pemerintahan 2019 dan sosialisasi persiapan Pemilu Serentak 2020.

    (Riza M Irfansyah/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img