spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Katedral Prancis Dirampok, Perlengkapan Ibadah Raib

    PRANCIS, FOKUSJabar.id: Sekelompok orang merampok sebuah katedral di Oloron-Sainte-Marie, Nouvelle-Aquitaine, Prancis, pada Senin (4/11/2019) kemarin. Akibatnya beberapa perlengkapan yang digunakan untuk ibadah raib.

    Pejabat kota, Laurent Paris, menyatakan laporan awal perampokan diterima sekitar pukul 02.00 waktu setempat.

    “Penduduk setempat terbangun dan terdengar sebuah suara dan polisi menerima peringatan tanda bahaya dari alarm katedral,” kata Laurent, seperti dilansir CNN, Selasa (5/11/2019).

    Baca Juga : Tahun 2021, BTS Bakal Hadir Dalam Game

    Ketika polisi mendatangi katedral tersebut, pintu katedral tampak rusak akibat dihantam batang kayu yang diikat pada bagian depan sebuah mobil yang ditinggalkan di dekat lokasi kejadian.

    Polisi juga menemukan pagar besi yang menutupi sebuah kapel tempat penyimpanan keperluan ibadah dirusak dengan digergaji.

    Akibatnya, beberapa piala perak, salib dan benda-benda yang digunakan untuk ibadah yang sebagian besar terbuat dari emas hilang. Tidak hanya itu, sebuah patung yang menunjukkan adegan kelahiran Yesus dari abad ke-18 dan beberapa pakaian yang digunakan pastur, termasuk sebuah jubah pemberian Raja Francis I, turut dibawa pencoleng.

    Polisi menyatakan beberapa saksi melihat tiga orang terlibat dalam perampokan tersebut. Kejadian itu memicu kecaman dari Menteri Kebudayaan, Frank Riester.

    “Mereka yang bertanggung jawab akan ditemukan dan dihukum. Saya merasakan emosi dari para umat Katolik Prancis yang terkejut dengan adanya pencurian dan kerusakan itu,” katanya melalui sebuah unggahan di Twitter.

    Perampokan di sebuah katedral pertama kali terjadi di Prancis. Paris menyebut perampokan ini memiliki kerugian materiil yang ‘besar’.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img