spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Jokowi Akan Kembali Tambah Wakil Menteri

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Setelah melantik 12 wakil menteri (wamen), Presiden Jokowi kemungkinan besar akan menetapkan wamen tambahan. Salah satunya Wamen Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) yang akan mendampingi Mendikbud Nadiem Makarim.

    Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 Tahun 2019 Tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dilansir situs Sekretariat Kabinet. Perpres tersebut pun telah diteken sejak 24 Oktober lalu.

    “Dalam memimpin Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri dibantu oleh Wakil Menteri sesuai dengan penunjukan Presiden,” bunyi Pasal 2 ayat (1) Perpres 72/2019.

    Berdasarkan perpres tersebut, wamen diangkat dan diberhentikan oleh Presiden Jokowi dan bertanggungjawab kepada Mendikbud yakni Nadiem Makarim. Wamendikbud akan memiliki beberapa tugas antara lain membantu Menteri dalam perumusan dan/atau pelaksanaan kebijakan Kementerian.

    Lalu, membantu Menteri dalam mengkoordinasikan pencapaian kebijakan strategis lintas unit organisasi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya atau eselon I atau di lingkungan Kementerian.

    Namun, hingga saat ini, belum diketahui siapa yang akan menjabat Wamendikbud untuk mendampingi mantan bos Gojek, Nadiem Makarim.

    Sebelumnya, Presiden Jokowi sudah melantik 12 wamen di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (25/10/2019). Ke 12 wakil menteri yang dilantik tersebut berada di 11 kementerian yakni di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian PUPR (Kemen PUPR), Kementerian LHK, Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Desa PDTT, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Kementerian BUMN, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

    (ars)

    Berita Terbaru

    spot_img