spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Pemprov Jabar Siap Dorong Kampung Kuta Jadi Destinasi Wisata

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mendorong Kampung Adat Kuta, Desa Karangpaninggal, Kabupaten Ciamis menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.

    Hal itu menyusul potensi kepariwisataan yang dimiliki kampung tersebut. Bahkan, kampung ini masuk dalam agenda pembangunan infrastruktur.

    “In Sya Alloh November akses jalannya akan diperbaiki,” kata Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri upacara “Nguyuh” di Kampung Adat Kuta, Jumat (25/10/2019).

    Uu mengatakan bahwa Pemprov Jabar akan membantu melestarikan kampung adat tersebut, terutama dalam menunjang pariwisata.

    Dia berharap, dengan semakin banyaknya yang datang, roda perekonomian di kampung adat itu akan meningkat.

    Tidak hanya memperbaiki akses,  Pemprov Jabar pun akan membangun penginapan di sekitar Kampung Adat Kuta.

    ”Selama ini banyak wisatawan ke Kampung Adat Kuta kesulitan mencari penginapan. Area parkirnya sudah dibangun oleh Pemkab Ciamis,” kata Uu.

    Uu mengaku bangga dengan potensi budaya yang ada di Kampung Adat Kuta. Dia berharap upacara seperti itu bisa terus dilestarikan.

    “Saya yakin adat istiadat masyarakat Jabar memiliki nilai seni, filosofi tinggi dan kental keagamaanya. Saya harap para pemangku adat dengan Pemprov Jabar wujudkan ‘Jabar Juara Lahir Batin,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img