spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Atasi Banjir, Pemkot Bandung Geber Tanam Pohon

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Kawasan kritis di sebagian wilayah Kota Bandung, khususnya yang berbatasan dengan Kabupaten Bandung (Kawasan Bandung Utara) perlu terus diperbaiki.

    Musim hujan di Kota Bandung diprediksi tiba dalam waktu dekat.

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung, Didi Ruswandi menyebut, Pemkot Bandung sudah berkolaborasi dengan masyarakat dan komunitas untuk menjaga kawasan kritis itu.

    Salah satunya, di wilayah Pasirluhur. Ada komunitas bernama Gowes Baraya Bandung (GGB), memiliki  program penanamanan pohon.

    ” Selain kita lakukan giat membersihkan sungai di daerah atas (Pasirluhur), kita bersama komunitas lakukan perbaikan kawasan kritis di sejumlah lahan milik Pemkot Bandung dengan melakukan tanam pohon,” kata Didi.

    Selain tanam pohon, pihaknya mengkalim pembangunan infrastruktur seperti Kolam Retensi, lahan basah atau wetland serta sumur resapan dinilai ampuh meminimalisir banjir di Kota Bandung.

    ” Rencananya, tahun depan ada 15 ribu sumur resepan dengan target 10 sumur resapan per satu RW. (Anggaranya) bisa gunakan dana PIPPK (Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan),” kata Didi.

    Didi mengatakan, tahun depan juga direncanakan membuat bendungan atau DAM sungai Cikiley di Kecamatan Arcamanik. Serta membangun fasilitas untuk meminimalisir banjir di Kelurahan Karangpamulang, Kecamatan Mandalajati.

    ” Intinya kami minta warga agar berkolabirasi dengan pemerintah, agar bisa menampung air saat musim hujan sehingga saat kemarau tidak kekurangan air, dan tetap menjaga lingkungan,” pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img