Minggu 17 Januari 2021

ITB dan Grab Jalin Kerjasama Wujudkan Moda Transportasi Ramah Lingkungan

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Perluas jenis kendaraan yang bisa digunakan masyarakat, Grab perkenalkan GrabWheels. GrabWheels adalah skuter elektrik (e-scooter) sejenis otoped.

Melalui kerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Kewirausahaan (LPIK) ITB, Grab kini dapat memperluas penggunaan GrabWheels sebagai moda transportasi ramah lingkungan di ITB, kampus Ganesha, Bandung.

Peluncuran perdana itu merupakan bagian dari kerjasama strategi antara Grab dan ITB dalam hal riset, pengembangan serta pemanfaatan kendaraan transportasi berbasis listik.

Kerjasama antara ITB dan Grab digelar di Aula Barat ITB, Bandung, Selasa (1/10/2019).

Executif Director Grab Indonesia Ongki Kurniawan mengatakan bahwa bersama ITB, Grab berkomitmen untuk menyediakan solusi mobilitas yang cerdas dan ramah lingkungan bagi masyarakat yang lebih luas.

Di sisi lain, ITB juga terus menjalin
kolaborasi dan membangun sinergi dengan pemerintah, industri dan perguruan tinggi lain untuk menciptakan teknologi baru.

“Menciptakan teknologi baru melalui 12 fakultas/sekolah, 110 kelompok keahlian, 22 pusat, 7 pusat penelitian dan 6 pusat unggulan iptek (PUI) Nasional.

Saat ini, kata dia, ada sekitar 50 e-clscooter yang dapat ditemukan di lima titik lingkungan kampus Ganesha, ITB.

“Setelah hadir di beberapa lokasi di Jabodetabek, kami sangat senang bisa membawa GrabWheels ke Kota Bandung denga ITB sebagai lokasi pertama,” kata dia.

Pihaknya berharap GrabWheels bisa menjawab kebutuhan seluruh sivitas akademika akan pilihan transportasi jarak dekat yang menyenangkan, praktis dan ramah lingkungan.

“Kami berkomitmen bisa memberikan solusi bagi masyarakat Indonesia lebih luas, ” kata dia.

(LIN)

Artikel Lainnya

ITB dan Grab Jalin Kerjasama Wujudkan Moda Transportasi Ramah Lingkungan 2
ITB dan Grab Jalin Kerjasama Wujudkan Moda Transportasi Ramah Lingkungan 3