spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Ibu Kota RI Baru, Gubernur Kaltim Usulkan Dua Kabupaten Ini

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor mengusulkan dua kabupaten untuk dijadikan lokasi ibu kota RI yang baru. Yakni Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara.

    Hal itu dikatakan Isran di Istana Kepresidenan Senin (26/8/2019), bertepatan dengan diresmikan Kaltim sebagai Ibu Kota oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

    “Kawasannya yang sudah kita sampaikan kepada Bapak Presiden, kita sampaikan kepada tim pengkaji, termasuk kepala Bappenas, yaitu Kabupaten Kutai Kartanegara dan nyambung ke Kabupaten Penajam Paser Utara,” kata Isran.

    Menurutnya, dua kabupaten itu letaknya berdekatan dan ukurannya cukup luas untuk dijadikan lokasi ibu kota baru. “Dua kabupaten itu terhubung dan itu yang kita tawarkan kepada Pak Presiden,” ucapnya.

    Baca juga: Polri : Kaltim Layak Jadi Ibu Kota Baru dari Sisi Keamanan

    Mengutip detik.com, berdasarkan dokumen rencana pemindahan ibu kota Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Kaltim punya delapan keunggulan untuk menjadi lokasi ibu kota baru.

    Pertama, Kaltim dekat dengan dua bandar udara (bandara) besar di Balikpapan yaitu Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, dan bandara besar di Samarinda yaitu Bandara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto.

    Kedua, Kaltim dekat dengan akses jalan tol Balikpapan-Samarinda yang sepanjang 99,35 kilometer (km). Ketiga, Kaltim dekat dengan Pelabuhan Semayang Balikpapan. Keempat, Kaltim memiliki infrastruktur jaringan energi dan air bersih.

    Keunggulan yang kelima dari Kaltim yakni memiliki struktur demografi heterogen. Maksudnya, sebagian besar penduduk Kaltim merupakan pendatang.

    Sehingga, masyarakat Kaltim lebih mudah menerima hal-hal baru atau juga bertemu dengan pendatang-pendatang baru lainnya. Perlu diketahui, dengan pemindahan ibu kota ke Kaltim maka sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Jakarta juga turut pindah ke Kaltim.

    (Vetra)

    Berita Terbaru

    spot_img