spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Gelar Dondamas, Pendukung Arsenal Targetkan Sumbang 3 Ribu Labu Darah ke PMI

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Peringati HUT RI ke 74, Arsenal Indonesia Supporters (AIS) ajak masyarakat di 66 kota se-Indonesia dari mulai Aceh hingga Papua untuk donor darah. AIS menargetkan 3 ribu labu darah bisa disumbangkan ke Palang Merah Indonesia (PMI).

    Ketua Komite AIS Donor Darah Nasional (Dondamas) Eddi Brokoli mengatakan, kegiatan tersebut terbuka untuk umum dan serentak di waktu di 66 kota se-Indonesia. Kegiatan tersebut, kata Eddi sudah rutin digelar sejak 2015 lalu.

    “Selain memeringati HUT RI ke 74, kegiatan ini pun digelar sebagai peringatan Hari Jadi AIS ke 16,” kata Eddi di Jalan Bahureksa, Kota Bandung, Selasa (6/8/2019).

    Terkait jam pelaksanaan maupun konsep, di setiap kota akan disesuaikan, termasuk venue nya. Namun, sponsor utama (Eiger) telah menentukan lima kota penyelenggaraannya di gelar di flagship store setempat.

    “Lima kota besar seperti Bandung, Jakarta, Bogor, Bali dan Makassar itu akan diselenggarakan di Flagship Store Eiger. Tapi kita tetap koordinasikan dengan PMI,” kata dia.

    Kegiatan ini terbuka untuk umum, bahkan bagi kelompok suporter lainnya pun terlbih mendonorkan darah pada Dondamas ini. Tahun-tahun sebelumnya banyak dari mereka di luar suporter Arsenal.

    “Ada juga beberapa yang menggunakan Jersey Manchester United, Intermilan, AC Milan dan yang lainnya. Karena setiap AIS di daerah juga memberikan undangan kepada kelompok suporter lain,” kata dia.

    AIS memiliki 120 regional dengan lebih dari 15 ribu member resmi yang terdaftar dan jutaan suporter yang tersebar di seluruh Indonesia. Tahun ini pihaknya menargetkan mampu meraih 3 ribu labu dari 4 ribu pendaftar.

    “Kegiatan ini digelar untuk menumbuhkan sekaligus menyebarkan semangat berbagai demi memberi manfaat positif bagi masyarakat dan kemanusiaan,” kata Eddi.

    Staf rekrutmen donor darah PMI Kota Bandung Mutiara Afriani mengatakan, kegiatan donor yang dilakukan komunitas seperti ini membantu gairah masyarakat yang tidak pernah mendonor darah, yang dampaknya akan menambah stok darah di PMI.

    “Saya sangat apresiasi, terlebih AIS ini bisa mengajak lapisan masyarakat lainnya bukan hanya di komunitasnya,” kata Mutiara.

    Untuk diketahui, saat ini PMI Kota Bandung defisit stok golongan darah A. Pihaknya berharap melalui acara ini bisa menambah stok golongan darah A.

    Berkaitan dengan distribusi, kata Mutiara, jika jumlah labu darah tercapai sesuai target maka akan didistribusikan ke seluruh Bandung Raya.

    (AS/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img