Minggu 20 September 2020

Peringati Hari Pramuka, Gugus Depan SDN 3 Sukaluyu Garut Gelar Program Pelatihan Anak Bangsa

GARUT, FOKUSJabar.id: Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Pramuka ke-58, Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwaran) Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Gugus Depan SDN 3 Sukaluyu, gelar program pelatihan anak bangsa, Jumat-Sabtu (2-3/8/2019).

Peserta program pelatihan anak bangsa

Kepala SDN 3 Sukaluyu sekaligus Ka Mabigus, Wawan Nursukmawan mengatakan, gerakan pramuka tetap konsisten dan fokus mendidik karakter generasi muda untuk bersatu menjaga persatuan, kesatuan dan keutuhan NKRI.

Peringati Hari Pramuka, Gugus Depan SDN 3 Sukaluyu Garut Gelar Program Pelatihan Anak Bangsa

Menurutnya, gerakan pramuka telah memberikan kontribusi nyata dalam mencetak calon pemimin bangsa.

“ Hingga saat ini, semangat itu tidak pernah pudar dan tidak boleh pudar. Pramuka harus selalu bekerja keras untuk memberikan yang terbaik bagi Bangsa,” kata Wawan saat ditemui FOKUSJabar.id di kampus SDN 3 Sukaluyu, Jumat (2/8/2019) malam.

Masuknya pendidikan Pramuka dalam struktur kurikulum pendidikan dasar sangat tepat. Bagaimana tidak, Pramuka sebagai wahana pembentukan karakter, dilatih juwa kepemimpinan, kerja sama, solidaritas dan kemandirian.

Pramuka dalam sejarahnya merupakan organisasi kepanduan. Boden Powell, sang bapak pandu dunia menyebut, Pramuka sebagai sarana pendidikan yang menyenangkan hingga menarik simpati dan minat anak-anak.

Ada beberapa argumen sambung Wawan, Pramuka signifikan dalam menunjang pendidikan karakter. Diantaranya, Pramuka sebagai kegiatan yang menyenangkan (menyanyi, bermain, tepuk tangan, tali temali, sandi-sandi dan penjelajahan).

 Selanjutnya, Pramuka adalah salah satu media pendidikan berbasis wahana pengembangan emosional otak kanan. Dimana siswa dilatih untuk berinteraksi, berkomunikasi, kreatif dan berafiliasi dengan teman-teman lainnya.

“ Pramuka juga melatih mental yang kuat karena siswa dibekali dengan sikap disiplin, berani, loyal, bertanggung jawab dan sifat-sifat lainnya yang terdapat dalam Dasa Dharma,” pungkas Wawan.

Semnetara Pembina Gugus Depan SDN 3 Sukaluyu, Sukmara Atma Putra menyebut, giat program pelatihan anak bangsa meliputi sejumlah perlombaan. Diantaranya, Peraturan Baris Berbaris (PBB), sejumlah permainan, lomba busana Pramuka, cerdas cermat, pidato, puisi, surat-surat pendek Al-Quran dan lomba doa.

(Bam’s)  

Berita Lainnya

Artikel Lainnya

Terpilih Aklamasi, Gunaryo Pimpin Organisasi Triathlon Jabar

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Gelaran Musyawarah Provinsi (Musprov) I Federasi Triathlon Indonesia...

4 Hari Berturut-turut Saham Prancis Untung

PARIS,FOKUSJabar.id: Saham-saham Prancis berakhir lebih tinggi pada perdagangan Rabu (16/9/2020), mencatat keuntungan untuk hari keempat berturut-turut, dengan indeks acuan CAC 40 di Bursa Efek...

Resmi Dilantik, PP PBVSI Yakin Rudy Bawa Bola Voli Jabar Makin Berprestasi

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) menaruh asa kepada pengurus PBVSI Jabar untuk terus memberikan kontibusi positif terhadap perkembangan olahraga...

Covid-19 Meningkat, Garut Berlakukan PSBM

GARUT,FOKUSJabar.id: Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Kabupaten Garut,Jabar, Rudy Gunawan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) dengan melakukan lockdown di...

7 Manfaat Lidah Mertua untuk Kesehatan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Lidah Mertua (Sansevieria) marga tanamah  hias yang cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah. Tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi sedikit air dan...

23 Pegawai Kecamatan Astana Anyar Kota Bandung Positif Covid-19

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sebanyak 23 pegawai Kecamatan Astana Anyar kota Bandung Jawa Barat termasuk Camat Syukur Sabar terkonfirmasi Covid-19. Pegawai tersebut tersebar di lima kelurahan. Syukur mengaku,...

Realme 7i akan Debut di Indonesia, Intip Spesifikasinya

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Realme 7i resmi meilih pasar indonesa menjadi negara peluncuran perdananya secara global, Senin (14/9/2020). Realme akan memperkenalkan Realme 7i bersamaan dengan peluncuran Realme 7...