spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Sungai di Pangandaran Kudu Bersih, Ini Ajakan Bupati Jeje

    PANGANDARAN, Fokusjabar.id-Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengajakwarga Kabupaten Pangandaran untuk menjaga kebersihan sungai dan tidak membuang sampah sembarangan.
    “Semua warga masyarakat harus memiliki rasa tanggungjawab memilihara sungai, minimal yang berada di sekitarnya,” ungkapnya kepada wartawan usai kegiatan bersih-bersih Sungai Cikidang di Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, Minggu (21/7/2019) pagi.

    Jeje Wiradinata mengapresiasi kegiatan bersih sungai tersebut yang digagas Komunitas Peduli lingkungan Pangandaran (Koplink). Menurutnya, hal itu sebagai upaya untuk menggugah seluruh lapisan masyarakat, agar bisa menjaga lingkungannya tetap bersih.

    “Kalau mengandalkan pemerintah saya kira ada keterbatasan, baik itu sumber dana dan sumber daya manusia. Untuk itu perlu keterlibatan dari semua pihak untuk menciptakan lingkungan yang bersih,” ujarnya.

    Mantan Wakil Bupati Ciamis ini mengatakan, 60 persen indeks kesehatan dibangun dari kebersihan lingkungan. “Bersih itu sehat, sehat itu tidak sakit, sakit itu mahal,” tuturnya.

    Selain itu, dirinya juga meminta masyarakat untuk tidak membuang sampah di sepanjang bantaran sungai atau selokan. “Kalau membuang air ke sungai jangan yang kotor, harus air yang memiliki mutu baku sesuai standardengan,” ungkapnya.

    Menurutnya kegiatan itu harus dilakukan secara kontinyu, jangan sampai hanya seremoni sesaat. Dirinya juga memuji adanya komunitas beberesih sampah di Pantai Timur, yang selalu eksis hingga sekarang.

    “Gerakan ini yang harus dilakukan terus menerus, pemerintah desa juga bertugas untuk mendorong hal itu,”tuturnya.

    Dirinya mengatakan bantaran Cikidang akan dikeruk, hal itu disebabkan karena pendangkalan atau aktivitas sedimentasi. Oleh karena itu, dirinya mengingatkan jangan sampai diperparah dengan kebiasaan buruk membuang sampah ke sungai.

    (roby/DAR)

    Berita Terbaru

    spot_img