spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Lebih dari Rp1,3 Miliar Diperebutkan Ribuan Pelaku UMKM pada Kompetisi Creativepreuneur

     

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Sekitar 100 pengusaha kreatif di Jawa Barat memamerkan produk mereka pada kompetisi creativepreuneur ‘The Big Start Indonesia Season 4’ yang digelar di Jalan Diponegoro Kota Bandung, Jumat-Minggu (12-14/7/2019). Kompetisi ini memberi kesempatan pada pelaku ekonomi kreatif dalam mengembangkan bisnis mereka sekaligus mendorong dan memotivasi para kreatif muda untuk berani berkarya dan mengembangkan ide-ide mereka.

    Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa menuturkan, kegiatan yang digelar selaras dengan visi Provinsi Jabar yakni terwujudnya Jabar Juara Lahir Bathin melalui inovasi dan kolaborasi. Acara The Big Start Indonesia Season 4 ini pun menjadi salah satu bentuk kolaborasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dengan Blibli.com sebagai salah satu online shopping mall di Indonesia.

    “Pemprov Jabar sendiri terus berupaya mendukung dan mendorong para UMKM melalui inovasi dan kolaborasi karena secara statistik mampu mendukung pertumbuhan ekonomi di Jabar lebih dari 90 persen. Jadi sebuah kewajaran dan keharusan kalau kita berpihak meningkatkan kesejahteraan warga Jabar melalui UMKM dan itulah kenapa kami fasilitasi kegiatan ini,” ujar Iwa saat pembukaan ‘Roadshow The Big Start Season 4: Nyalakan Ambisimu Wujudkan Suksesmu’ di Jalan Diponegoro Kota Bandung, Jumat (12/7/2019).

    Beberapa upaya yang dilakukan Pemprov Jabar dalam mendukung UMKM diantaranya mendorong sertifikat halal dari MUI dengan sebagian pembiayaan dibebankan kepada APBD Provinsi serta di setiap kota/kabupaten. Lalu menugaskan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disindag) Provinsi Jabar memberikan pelatihan dari sisi kemasan dan proses produksi.

    “Namun semua upaya itu tidak cukup dan Pemprov Jabar punya keterbatasan dalam hal bantuan yang salah satunya dengan proses pemasaran. Dan pemasaran ini menjadi salah satu masalah yang kerap dihadapi UMKM. Karena itu kita butuh kolaborasi yang salah satunya dengan Blibli.com,” terangnya.

    Di era serba digital pada dewasa ini, lanjutnya, cara-cara pemasaran melalui sarana digital menjadi hal yang perlu diketahui dan dimengerti oleh para pelaku ekonomi kreatif UMKM. Melalui acara seperti ini, setelah kita observasi, mampu meningkatkan omset para pelaku UMKM setelah mereka mendapatkan pembinaan dalam berbagai hal seperti promosi, pemasaran, dan produksi.

    “Pengaruh e-commerce pada dewasa ini kan sangat besar, karena itu kita dari pemerintah terus mendukung penuh dan bergandengtangan dengan semua pihak. Kita pun akan dorong terus pengetahuan dan memfasilitasi sisi pemasaran ini dari berbagai sisi termasuk kesiapan sarana prasara internet,” tegasnya.

    Deputy CMO Blibli.com, Andy Ardian menuturkan, selain 100 pelaku UMKM yang memamerkan produknya pada acara Roadshow The Big Start Season 4: Nyalakan Ambisimu Wujudkan Suksesmu’ di Jalan Diponegoro Kota Bandung, Jumat (12/7/2019), kompetisi The Big Start Indonesia Season 4 tahun 2019 ini diikuti sekitar 4.500 pelaku usaha kreatif yang sudah mendaftar secara daring. Hal ini menunjukkan tingginya minat dan kreasi para generasi muda dalam menciptakan produk mereka sendiri.

    “Dari total pelaku UMKM yang mendaftar, kita akan kurasi sesuai dengan persyaratan yang kita tetapkan. Diantaranya komitmen dari UMKM tersebut dalam mejalani usahanya yakni minimal berjalan selama 2 tahun dengan minimal 2 produk berkemasan, lalu dari sisi originalitas produk yang mereka hasilkan. Jadi kami cari mereka yang ulet dan bukan re-seller,” ujar Andy.

    Untuk kategori produk sendiri, lanjut Andy, kompetisi The Big Start Indonesia Season 4 ini membatasi di empat kategori produk. Yakni produk kriya (kerajinan), kuliner, fesyen dan aksesoris, serta kesehatan dan kecantikan.

    “Setelah lolos dari tahap kurasi, akan dipilih Top 100 produk yang harus bersedia sebagai merchan di Blibli.com lalu disaring kembali hingga Top 20 produk yang akan menjalani masa karantina,” pungkasnya.

    Kompetisi The Big Start Season 4 ini memperebutkan hadiah total lebih Rp1,3 miliar. Yakni juara 1 mendapatkan bantuan dana usaha sebesar Rp500 juta, lalu juara 2 sebesar Rp300 juta, juara 3 sebesar Rp200 juta, dan juara 4 sebesar Rp100 juta. Selain itu, diberikan juga bantuan dana usaha bagi peserta favorit dan pilihan editor masing-masing sebesar Rp50 juta serta peserta yang masuk dalam Top 20, masing-masing Rp10 juta.

    Untuk penilaian, akan dilakukan empat profesional pada bidangnyasebagai juri. Yakni Didiet Maulana sebagai Founder of IKAT untuk kategori fesyen dan aksesoris, Priscilla Pangemanan sebagai Founder of SASC Cosmetics untuk kategori kesehatan dan kecantikan, Chef Rinrin Marinka sebagai Masterchef Indonesia untuk kategori kuliner, dan Luthfi Hasan sebagai Founder of Jakarta Vintage untuk kategori kriya (kerajinan).

    (ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img