spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Aplikasi Hasil Perkuliahan, Mahasiswa Pendidikan Seni Tari UPI Gelar Dramatari ‘Purnamasari : Silalatu Pajajaran’

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Departemen Pendidikan Seni Tari Fakultas Pendidikan Seni dan Desain (FPSD) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menggelar pagelaran drama tari yang bertajuk ‘Purnamasari : Silalatu Pajajaran’. Pagelaran dramatari yang digelar di Teater Tertutup Taman Budaya Jawa Barat, Jalan Bukit Dago Atas, Kota Bandung, Senin (17/6/2019), diperankan mahasiswa Pendidikan Seni Tari FPSD UPI angkatan tahun 2016.
    Ketua Departemen Pendidikan Seni Tari FPSD UPI, Frahma Sekarningsih menuturkan, pagelaran dramatari ini merupakan persembahan mahasiswa angkatan 2016 sebagai aplikasi dari perkuliahan yang dijalani. Selain itu, karya yang ditampilkan menjadi salah satu upaya sarana pelestarian khasanah budaya Sunda yang saat ini mulai tidak ;lagi dilirik generasi muda penerus bangsa.
    “Pagelaran ini memiliki arti penting dan bermakna strategis dalam upaya menjaga, melestarikan sekaligus mewariskan seni tradisi kepada generasi penerus. Tak hanya itu, pagelaran ini pun mengajak kita bagaimana memaknai arti hidup dimana penindasan, pengkhianatan, nafsu serakah, sakit hati, dendam, dan amarah yang kerap datang silih berganti,” ujar Frahma di sela-sela pagelaran, Senin (17/6/2019).
    Kepala Humas UPI, Yuliawan Kasmahidayat menambahkan, pagelaran ini merupakan kegiatan tahunan yang digelar rutin Departemen Pendidikan Senin Tari FPSD UPI. Pagelaran sendiri merupakan salah satu puncak dari perkuliahan yakni Dramatari.
    “Dramatari yang dipilih untuk pentas kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Kami berharap Dramatari ini kedepannya bisa dijadikan sebuah even unggulan UPI yang bisa dijual kepada turis atau wisatawan,” ujar Yuliawan yang juga menjabat sebagai dosen di Departemen Pendidikan Senin Tari FPSD UPI.
    Pagelaran dramatari bertajuk ‘Purnamasari : Silalatu Pajajaran’ digelar sebanyak tiga kali pertunjukkan pada satu hari pagelaran, Senin (17/6/2019). Untuk satu kali pertunjukkan digelar sekitar dua jam. Sesi pertunjukkan pertama digelar pada pukul 09.30 WIB sampai 12.30 WIB, lalu sesi kedua pada pukul 14.00 WIB sampai 16.00 WIB, dan sesi terakhir pada 17.30 WIB sampai pukul 22.00 WIB.
    (ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img