spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Ada Penunggunya, Batu Besar di Kawali Tak Bisa Dihancurkan

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Batu besar di pinggir lapangan sepakbola Situs Astana Gede, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis tidak bisa dihancurkan, bahkan menggunakan alat berat sekalipun.

    Menurut kepercayaan sebagian masyarakat, batu itu dihuni mahluk halus, bahkan warga setempat menamai batu itu dengan ‘Sanghiyang Bongkok atau Batu Jubleg’.

    Konon pada malam-malam tertentu, warga dengan kemampuan tertentu sering melihat sesosok kakek berjubah putih berjalan bungkuk mengelilingi batu tersebut atau sedang duduk di atas batu.

    Budayawan muda setempat Fahmi Haqulyakin mengungkapkan, batu itu pertama ditemukan saat pemerintah desa membuat lapangan sepakbola di lokasi itu.

    “Tahun 2008 silam, warga bergotong-royong membangun lapangan itu, dan saat itu ditemukan batu,” kata Fahmi.

    Karena batu itu besar, warga pun berinisiatif menghancurkannya. Namun, usaha warga sia-sia, batu itu sangat keras dan kuat. Bahkan setelah menggunakan alat berat pun batu itu tidak hancur.

    “Beberapa waktu lalu, operator alat berat yang diminta menghancurkan batu itu meninggal dunia. Saat ini batu itu dibuatkan saung oleh pemerintah desa,” kata Fahmi.

    (Husen Maharaja/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img