spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Kesal Bau Busuk Sampah, Warga Sukajaya Kota Tasikmalaya Unjuk Rasa

    TASIKMALAYA, FOKUSJabar.id:  Tidak kuat menahan bau busuk dari tumpukan sampah, warga Kampung Sukajaya, RW13, Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya turun ke jalan melakukan aksi moral meminta Pemerintah Daerah (Pemda) menyelesaikannya, Senin (25/3/2019).

    Mereka menutup akses jalan saat melakukan aksi demo. Warga mengaku kesal tumpukan sampah berbulan-bulan lamanya tidak diangkut pihak terkait.

    Koordinator aksi, Abah Irwan mengatakan, tumpukan sampah yang sudah membusuk tersebut sangat mengganggu kenyamanan dan keindahan.

    ” Kami turun ke jalan sebagai bentuk rasa kecewa dan kesal sampah dibiarkan menggunung di kawasan Jalan Letkol E. Djaelani. Selain bau busuk yang menyengat, juga mengganggu kesehatan,” kata Irwan.

    ” Tumpukan sampah ini bukan dari warga sekitar. Mereka naik motor atau mobil, lalu membuang sampah di sini,” sambung dia.

    Abah Irwan mengingatkan agar warga sekitar termasuk pengguna jalan yang sering melintas dilarang keras membuang sampah di sini.

    ” Kami minta pihak terkait mau menyelesaikan tumpukan sampah ini. Setelah bersih, kami siap menjaganya supaya tidak dijadikan tempat membuang sampah,” imbuhnya.

    Sementara Kabid Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Tasikmalaya, Iwan Setiawan mengaku belum mengetahui jika lokasi itu dijadikan tempat membuang sampah. Karenanya, petugas jarang melintas ke tempat tersebut.

    ” Mungkin tempat sampah itu kategori sampah liar. Kalau terdata, biasa kita simpan tong sampah. Meski begitu, kami akan bertanggung jawab,” ucap dia.

    Dia pun berjanji, segera mengangkut tumpukan sampah yang sudah membusuk hingga membuat tidak nyaman warga setempat.

    ” Besok, petugas kami segera ke lokasi untuk membersihkan tumpukan sampah agar tidak menimbulkan penyakit,” singkatnya.

    (Seda/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img