spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Mendag: Konsumen Indonesia Lebih Cerdas Hindari Penipuan Online

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengklaim tingkat kecerdasan konsumen di Indonesia lebih baik dari konsimen negara maju dalam menghindari penipuan dalam perbelanjaan online.

    Demikian ditegaskan Enggar di sela acara pembukaan pameran dalam rangka Hari Konsumen Nasional (Harkonas) di halaman Gedung Sate Bandung, Selasa (19/3/2019).

    “Dibanding negara maju lainnya, kita masih kecil. Negara lain sudah mencapai 60 persen, karena konsumennya tidak mengetahui bagaimana dia mengadu,” kata dia.

    Menurut Enggar, kualitas konsumen di tanah air terus menunjukkan kecermatan dalam membeli produk. Bahkan, kesadaran untuk memahami regulasi pada hak dan kewajibannya terus berkembang.

    “Semakin lama, konsumen itu sudah mengetahui hak-haknya dan cukup banyak konsumen yang masih ‘diperdayai’ atau apa yang dibeli tidak sesuai dengan yang dijanjikan,” kata dia.

    Di Harkonas 2019, Enggar menargetkan semua instansi memberikan edukasi kepada konsumen – konsumen yang belum menyadari kewajibannya menghindari penipuan.

    ” Untuk meningkatkan kualitas, konsumen itu harus diberdayakan, harus mempunyai kemampuan dan dia tahu atas hak – hak nya,” jelas dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img