Senin 21 September 2020

Edubox Terbukti Menghemat Anggaran Pendidikan Hingga Rp11 M

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Sebanyak 120 sekolah mulai dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas di Kota Bandung telah menggunakan sistem smart city di ranah pendidikan bernama Edubox.

Sejumlah siswa SD di Kota Bandung tengah mengerjakan latihan soal dengan aplikasi Edubox melakui gadget (foto ist)
Sejumlah siswa SD di Kota Bandung tengah mengerjakan latihan soal dengan aplikasi Edubox melakui gadget (foto ist)

Edubox adalah aplikasi berbasis web yang terdiri dari aplikasi ujian, tugas, dan materi dalam jaringan lokal (intranet). Produk PT Pinisi Teknologi Edukasi (Pinisi Edubox) ini tidak tergantung kepada internet.”Alhamdulillah, sejak kami mulai beroperasi tahun 2015, hingga saat ini sudah ada 129 sekolah tingkat dasar hingga menengah telah menggunakan Edubox,” kata Chief Operations Officer PT Pinisi Teknologi Edukasi Fathi Nashrullah, di Kota Bandung, Jumat (15/3/2019).

Penggunaan Edubox oleh sekolah yang ada di Kota Bandung, dimulai pada tahun 2016.

Wali Kota Bandung saat itu, yakni M Ridwan Kamil (Emil) secara resmi meluncurkan sistem smart city di ranah pendidikan yang diberi nama Edubox.

Sistem tersebut mulai diterapkan kepada 25 sekolah percontohan yang ada di Kota Bandung.

“Jadi waktu itu kita ada program dengan CSR bank bjb untuk pilot project penggunaan Edubox di 25 sekolah yang terdiri dari 17 SMP, empat SD dan empat SMA,” kata dia.

Tahun 2017, pihaknya kembali diberikan kepercayaan oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung untuk menerapkan sistem Edubox kepada seluruh SMP Negeri di Kota Bandung.

Sejumlah siswa SMP di Kota Bandung tengah mengerjakan soal melalui sistem Edubox tanpa internet (foto ist)
Sejumlah siswa SMP di Kota Bandung tengah mengerjakan soal melalui sistem Edubox tanpa internet (foto ist)

” Itu ada pengadaan langsung dari Disdik Kota Bandung untuk 57 SMPN, ” kata dia.

Lebih lanjut Fathi menjelaskan bahwa ada sejumlah kelebihan yang bisa didapatkan sekolah saat menggunakan Edubox, salah satunya adalah efisiensi anggaran.

“Ini data dari Diadik bahwa ada efisiensi anggaran pendidikan hingga belasan milyar saat menggunakan Edubox. Kalau tidak salah sekitar Rp11 milyar,” ungkap Fathi.

Selain menghemat anggaran, Edubox yang memiliki tagline ‘ujian online tanpa internet’ itu pun memiliki manfaat dalam proses dan penilaian pembelajaraan di sekolah, seperti guru mendapatkan kemudahan dalam menyampaikan materi ajar dan ulangan di kelas.

“Selain efisien dari aspek pengadaan kertas untuk penggandaan soal ujian, kelebihan lain dari Edubox adalah efisiensi waktu,” jelas dia.

(LIN)

Berita Lainnya

Artikel Lainnya

Resmi Dilantik, PP PBVSI Yakin Rudy Bawa Bola Voli Jabar Makin Berprestasi

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP...

Waspada, Kasus Covid-19 di Kota Tasikmalaya Meningkat Drastis

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Kasus penyebaran Covid-19 di Kota Tasikmalaya kini sangat memprihatinkan. Pasalnya pada awal September ini sudah mencapai 72 kasus, dengan penambahan sebanyak 24 kasus.  Kepala...

Gatrik Picu Geliat Wisata di Ciamis

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Bus Wisata Galuh Tour Kota Klasik (Gatrik) semakin diminati warga Ciamis. Bahkan warga rela mengantre dan menunggu giliran naik Gatrik untuk berkeliling objek...

KPK Kembali Panggil Saksi, Kasus Kota Banjar

BANJAR,FOKUSJabar.id: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil saksi penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi (TPK) terkait proyek pekerjaan infrastruktur pada Dinas PUPR Kota Banjar...

Sony Alpha 7C, Kamera “full-frame” Termungil

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sony Alpha 7C resmi dirilis dan diklaim kamera dengan bodi full-frame terkecil di dunia dengan fitur AF (autofocus) terbaru, Rabu (16/9/2020). Sony Alpha 7C...

Tingkatkan Prestasi Olahraga, KONI Kota Bandung-FPOK UPI Teken Perjanjian Kerjasama

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kerjasama antara KONI Kota Bandung dengan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia (FPOK UPI) semakin ditegaskan dengan penandatangan MoU tentang 'Penyelenggaraan...

Bank Bjb Salurkan Bantuan Lewat Dana Desa

BEKASI,FOKUSJabar: Bank bjb salurakan bantuan untuk masyarakat yang terkena dampak Covid-19 ke sejumlah desa yang ada di Jabar melalui dana desa yang disalurkan dari...