spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Oded Apresisasi Aprindo Berlakukan Kantong Plastik Berbayar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Wali Kota Bandung Oded M Danial mengapresiasi langkah Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) memberlakukan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG) dengan biaya minimal Rp200. Hal itu sejalan dengan program Pemerintah Kota Bandung dalam mengurangi penggunaan sampah plastik.

    Oded berharap masyarakat bisa memandang kebijakan ini secara positif demi mengurangi produksi sampah plastik. Sebab sampah plastik merupakan ancaman serius bagi lingkungan, bahkan kehidupan manusia.

    “Saya berharap semua masyarakat bisa merespon secara positif. Ada kejadian ikan paus dibelek di dalamnya banyak sampah plastik. Makanya saya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mengurangi kantong kresek dalam keseharian kita,” ucap Oded, di Pendopo, Jalan Dalem Kaum,Kota Bandung, Jumat (1/3/2019).

    Oded mengaku sempat mengikuti pemaparan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) perihal bahaya sampah plastik. Dia semakin prihatin ketika Indonesia menjadi salah satu negara penghasil sampah plastik terbesar. Dampak luasnya hingga mencapai ke lautan.

    Selain itu, pemberlakukan kantong plastik berbayar bukanlah sesuatu yang baru. Di Kota Bandung bahkan sudah lebih dulu terbit Peraturan Daerah (Perda) Nomor 17 Tahun 2012 tentang pengurangan sampah plastik.

    Pemkot Bandung juga sebelumnya sudah gencar mengampanyekan pengurangan penggunaan kantong plastik. Kemudian, diperkuat oleh konsep gerakan Kurangi Pisahkan dan Manfaatkan (Kang Pisman) guna menekan produksi sampah.

    “Antara regulasi dengan edukasi jadi gerakan di masyarakat. Saya berharap dengan Kang Pisman bukan sekadar mengurangi dan memilah sampah plastik, tapi juga mengurangi penggunaan kantong plastik,” pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img