spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Pemasaran Oncom Cibeureum Tasikmalaya Tembus Luar Negeri

    TASIKMALAYA, FOKUSJabar.id : Oncom merupakan salah satu jenis industri kreatif makanan olahan khas Kota Tasikmalaya. Klaster unggulan Kecamatan Cibeureum ini mampu menjadi industri kreatif yang memiliki nilai ekonomi bagi pengrajinnya.

    Dibawah binaan Kelompok Saung Madani Cibeureum yang baru saja di launching, produk olahan lokal Tasikmalaya ini diberi nama Oncom Cibeureum (Oci) Arenda. Pemasarannya hingga ke Mancanegara.

    Ketua OCI Arenda, Ny. Tetin  tak menyangka jika usaha industri kreatif yang digelutinya sejak Oktober 2017 lalu banyak digemari para pecinta kuliner di tanah air dan luar negeri.

    ” Awalnya, kami ibu-ibu dari kelurahan Ciherang mengikuti pelatihan program Gema Madani dari pemerintah. Saat itu sepakat membuat Oncom. Tadinya sih hanya untuk memenuhi permintaan para penjual nasi TO di Tasikmalaya, eh tahunya banyak yang suka. Pemasarannya hingga ke Sulawesi, Irian Jaya. Bahkan ada Mahasiswa Oci Arenda dibawa ke sana,” ungkap Tetin.

    Tetin mengaku, untuk pemasarannya itu sendiri tidak menemui kendala. Di Tasikmalaya, pihaknya bekerjasama dengan pusat-pusat penjualan oleh-oleh khas Tasik. Semisal, di kawasan simpang lima, toko kue Ramona, Yogya Dept Store termasuk dengan toko ritel Transmart.

    Selain itu, pemasarannya melalui Media Sosial (Medsos), WA, Facebook, Twitter, termasuk kita sudah menjual melalui aplikasi Fintech Shopee dan Bukalapak.

    ” Alhamdulillah, pembelinya sudah lumayan banyak dan laris,” tuturnya.

    Menurut Tetin, melalui usaha ini mampu meningkatkan pendapatan ekonomi dan kesejahteraan keluarga.

    ” Syukur alhamdulillah, ada tambahan pemasukan buat peningkatan ekonomi keluarga,” pungkasnya.

    (Seda/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img