spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Jangan Lewatkan Fenomena Supermoon Malam ini

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: Nanti malam fenomena Supermoon akan hadir di langit Indonesia, Senin (21/1/2019). Bulan purnama akan terlihat sedikit membesar dan terlihat lebih terang jika langit cerah.

    “Kecerlangannya 15 persen lebih dari purnama biasa,” kata peneliti Astronomi dan Astrofisika BMKG Rukman Nugraha, Senin(21/1/2019), seperti dikutip dari Tempo.

    Tak hanya itu, lanjutnya, piringan bulan juga akan lebih besar terlihat dari bumi. Pembesarannya diperkirakan sekitar tujuh persen, penyebabnya adalah saat itu bulan sedang dalam jarak terdekatnya dengan bumi atau disebut perigee di dunia astronomi.

    Fenomena Supermoon hari ini dimulai sejak pukul 12.16 WIB, kemudian tepat 12 jam 43 menit sesudahnya atau pada 22 Januari 2019 pukul 02.59 WIB, bulan akan berada pada jarak terdekatnya yaitu 357.342 kilometer dengan bumi.

    Rukman juga menuturkan bahwa Indonesia hanya kebagian fenomena Supermoon, sedangkan di tempat lain seperti wilayah Eropa, Afrika, Amerika, dan sebagian kecil Asia bagian Timur Laut, terjadi gerhana bulan dalam kondisi jarak terdekat dengan bumi.

    (Vina)

    Berita Terbaru

    spot_img