spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Pemilu 2019, Polres Cimahi Siapkan Unit Cyber Anti Hoax

    CIMAHI, FOKUSJabar.id : Polres Kota Cimahi menyiapkan unit cyber untuk mengantisipasi adanya berita bohong atau hoax di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Bukan sekedar menerjunkan pasukan penanganan kerusuhan saja, tapi juga mengerahkan personelnya untuk melakukan patroli di dunia maya.

    Kapolres Cimahi, AKBP Rusdy Pramana Suryanagara mengatakan, pihaknya telah menyiapkan tim untuk memantau perkembangan informasi di dunia maya, khususnya lewat media sosial. Sebab, hoax lewat medsos potensinya selalu ada.

    “Kami masih melaksanakan patroli dan kami masih mendalami terus informasi-informasi yang berada di media sosial,” kata Rusdy.

    Dalam pengamanannya, Polres Cimahi meliputi wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kota Cimahi serta wilayah Margaasih, Kabupaten Bandung.

    Rusdy menyebutkan, pemantauan dunia maya, khususnya untuk meminimalisir isu hoax, pihaknya telah membentuk unit cyber di bawah Satreskrim Polres Cimahi. Bilamana memang ada kasus hoax, maka unit cyber akan langsung turun tangan.

    “Dari penegakan hukum, Satreskrim sudah membentuk unit syber, tugasnya untuk patroli cyber,” imbuhnya.

    Sementara untuk pengamanan keseluruhan, lanjut Rusdy, pihaknya bakal menerjunkan sekitar 800 lebih personel. Belum ditambah dari unsur TNI maupun pemerintahan. Dalam pengamanan Pemilu 2019 ini, pihaknya sudah melakukan persiapan sejak lama.

    “Sejauh ini secara umum situasi wilayah hukum Polres Cimahi masih aman dan kondusif,” pungkasnyanya.

    (Achmad Nugraha/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img