spot_img
Senin 20 Mei 2024
spot_img
More

    Tsunami Banten, 3 Negara Keluarkan Travel Advice ke Indonesia

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: Seperti diketahui wilayah Selat Sunda diterjang tsunami pada Sabtu malam (22/12/2018). Pasca tsunami tersebut, 3 negara langsung mengeluarkan travel advice untuk warga negaranya.

    3 negara tersebut yakni Inggris, Kanada dan Australia. Situs resmi GOV.UK menuliskan bahwa pemerintah Inggris merilis travel advice pada Minggu (23/12/2018). Mereka meminta warganya yang berada di lokasi kejadian untuk selalu mengikuti arahan pihak berwajib setempat.

    “On Saturday 22 December 2018 the coastline around the Sunda Strait which lies between Java and South Sumatra experienced a tsunami/high-tide, with damage and casualties reported. If you are in the area, please follow the local authorities’ advice. The British Embassy is in contact the Indonesian authorities and monitoring the situation closely,” tulis laman GOV.UK.

    Tak hanya Inggris, Irlandia juga merilis travel alert di laman dfa.ie dengan status ‘High degree of caution’ atau peringatan tertinggi jika ingin traveling ke Indonesia.

    Sedangkan di Australia memberikan peringatan tertinggi bagi warganya yang berada di Indonesia. Peringatan tersebut mencakup seluruh wilayah Indonesia. Terlebih bagi warganya yang dekat area tsunami untuk memantau BNPB dan BMKG.

    Sementara dari Kanada juga memberikan status yang sama seperti Australia, yakni ‘high degree of caution’. Pemerintah Kanada menjelaskan bahwa Indonesia merupakan negara berada di zona seismik aktif yang rentan bencana alam. Sehingga, peringatan terhadap berbagai periwisata alam selalu diberikan kepada warganya yang berada di Indonesia.

    (Vina)

    Berita Terbaru

    spot_img