spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    AS Rilis Daftar 89 Pastor yang Terlibat Pelecehan Seksual

    AMERIKA SERIKAT, FOKUSJabar.id: Orde keagamaan Katolik Roma terbesar, Jesuit, merilis daftar nama 89 pastor Amerika Serikat (AS) yang dituduh terlibat skandal pelecehan seksual anak yang terjadi tahun 1950-an silam. Pengungkapan ini menjadi babak baru skandal seks yang menyelimuti Gereja Katolik AS.

    Langkah mengungkap nama-nama pastor yang dituduh terlibat kasus pelecehan seksual ini dilakukan otoritas Jesuit dari 20 negara bagian AS, khususnya Maryland dan bagian Midwest AS, setelah awal bulan ini dua otoritas Jesuit lainnya di AS merilis 153 nama pastor lain yang terlibat skandal serupa.

    Otoritas Jesuit di Maryland merilis 24 nama pastor yang menghadapi tuduhan kredibel terlibat kasus pelecehan seksual anak di masa lalu, termasuk beberapa yang terjadi pada tahun 1950 silam.

    Otoritas Jesuit di bagian Midwest AS merilis 65 nama pastor yang terlibat skandal pelecehan seksual sejak tahun 1955. Kebanyakan pastor yang masuk daftar nama itu telah meninggal dunia dan hanya beberapa yang diketahui secara publik menjadi tertuduh kasus pelecehan seksual.

    “Atas nama Jesuit Midwest, saya meminta maaf kepada para korban-penyintas dan keluarga mereka atas dampak dan penderitaan yang Anda semua alami. Kebanyakan dari Anda menderita dalam kesunyian selama beberapa dekade,” ucap Kepala Jesuit Midwest AS, Brian Paulson, dalam surat terbukanya seperti dilansir Detik.

    Nama-nama pastor yang dirilis pada Senin (17/12/2018) waktu setempat termasuk puluhan pastor yang terseret kasus pelecehan seksual saat bertugas di berbagai institusi pendidikan.

    “Sebagian besar Jesuit dalam daftar kami memasuki kehidupan religius dari tahun 1930-an hingga awal tahun 1960-an. Jika ditinjau kembali, evaluasi kami terhadap para kandidat, juga pelatihan, pembentukan dan pengawasan para Jesuit, tidaklah cukup,” sebut Paulson dalam suratnya.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img