spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Google Razia 22 Aplikasi Penyedot Baterai dan Kuota

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: Aplikasi Tuyul yang sering muncul di Google Play Store, kini kembali tertangkap razia Google. Sebanyak 22 aplikasi tuyul ini terbukti menyedot baterai dan kuota internet.

    Seperti dilansir dari Detik, ke-22 aplikasi ini terbilang populer dan telah diunduh lebih dari 2 juta kali. Menurut Sophos, aplikasi ini menggunakan backdoor yang membuat pembuatnya bisa mengunduh file di background tanpa diketahui pengguna ponsel.

    Backdoor atau malware tersebut tak langsung ada di aplikasi ketika diunduh dari Play Store, melainkan baru muncul dalam proses pembaruan setelah aplikasi tersebut terinstal di ponsel. Hal ini jelas berbahaya karena taktik ini ternyata bisa mengelabui sistem anti malware yang diterapkan oleh Play Store.

    Cara kerja backdoor ini juga ternyata sering kita lakukan tanpa sadar, seperti mengklik iklan pada aplikasi. Tak hanya menambahkan uang bagi para developer nakal, aplikasi tuyul ini membuat konsumsi daya baterai ponsel meningkat, termasuk menambah jumlah penggunaan kuota internet.

    Berikut 22 aplikasi tuyul yang sudah dihapus Google :
    Sparkle FlashLight
    Snake Attack
    Math Solver
    ShapeSorter Tak A Trip
    Magnifeye
    Join Up
    Zombie Killer
    Space Rocket
    Neon Pong
    Just Flashlight
    Table Soccer
    Cliff Diver
    Box Stack
    Jelly Slice
    AK Blackjack
    Color Tiles
    Animal Match
    Roulette Mania
    HexaFall
    HexaBlocks
    PairZap

    (Vina)

    Berita Terbaru

    spot_img