spot_img
Jumat 17 Mei 2024
spot_img
More

    Pemkot Bandung Siapkan Inovasi Unggulan Hadapi IGA 2018

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung siapkan sejumlah inovasi unggulan menghadapi Innovative Government Award (IGA) 2018 yang akan dilangsungkan di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jakarta, Selasa (4/12/2018) besok. Di antaranya inovasi dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) yakni Mepeling (Memberikan Pelayanan Keliling) serta program Omaba (Ojek Makanan Balita).

    IGA merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah sebagai apresiasi atas inovasi daerah yang berhasil dilakukan Pemerintah Provinsi, dan kabupaten/kota. Penghargaan tersebut diharapkan bisa mendorong kompetisi positif antar pemerintah provinsi dan antar pemerintah kabupaten/kota dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

    “Kita akan presentasikan inovasi yang sudah berjalan di Kota Bandung dan yang dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. Seperti Mepeling dan Omaba,” kata Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana Kota Bandung, Senin (3/12/2018).

    Selain inovasi Mepeling dan Omaba, sejumlah inovasi pun akan dipaparkan. Salah satunya e-Spasi dari Disdukcapil guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Kota Bandung.

    e-Spasi merupakan sistem pendaftaran antrean yang memiliki keunikan tersendiri. Sistem antrean ini terintegrasi dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). Melalui sistem ini, masyarakat akan mendapatkan kepastian antrean dan waktu pelayanan.

    “Melalui inovasi ini, masyarakat bisa datang sesuai waktu yang ditentukan sehingga mempermudah masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan di Disdukcapil,” kata dia.

    Sementara inovasi Mepeling merupakan program pelayanan keliling (jemput bola) yang bertujuan memudahkan dan mendekatkan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat. Mepeling beroperasi menggunakan mobil berbasis IT yang dilengkapi dengan perangkat SIAK. Enam mobil itu secara resmi diluncurkan pada April 2017. Saat ini, Mepeling pun menjadi salah satu kendaraan pelayanan terfavorit di Kota Bandung.

    Sedangkan inovasi Omaba merupakan inovasi yang khusus membagikan makanan sehat secara gratis untuk balita keluarga kurang mampu. Omaba merupakan salah satu strategi unggulan Kota Bandung dalam pengentasan masalah gizi buruk. Makanan sehat sendiri merupakan hasil para kader PKK yang bahan-bahannya berasal dari program urban farming.

    “Omaba pernah mencuri perhatian Wakil Presiden Jusuf Kalla saat kepemimpinan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial. Program Omaba pun pernah masuk dalam 35 besar inovasi pelayanan publik di tahun 2016,” pungkasnya.

    (Ageng/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img