spot_img
Senin 20 Mei 2024
spot_img
More

    Miliki Potensi Melimpah, Pemkab Tasikmalaya Mesti Fokus Perhatikan Sektor Pertanian

    TASIKMALAYA, FOKUSJabar.id : Ketua Jaringan Aspirasi Warga Sukapura (Jawara), Ramdan Hanapiah menyebut, Kabupaten Tasikmalaya merupakan daerah agraris yang memiliki potensi besar dan Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah.
    ” Memiliki beragam jenis tanaman unggulan karena didukung kondisi iklim tropis yang berbeda. Diantaranya, Padi, Kedelai, Kacang Tanah dan Ubi Kayu,” kata Ramdan Hanapiah, Jumat (9/11/2018).
    Menurutnya, pertanian merupakan sektor yang memiliki peranan signifikan bagi perekonomian. Untuk itu, dia berharap Pemerintah Daerah (Pemda), khususnya Dinas Pertanian tidak memberikan rekomendasi lahan produktif beralih fungsi jadi Perumahan.
    ” Kan Pupuk tidak perlu membeli dari luar. Manfaatkan yang ada, mulai dari para peternak ayam, kambing, sapi. Dari pasar hewan dan RPH juga bisa dimanfaatkan. Maka perlu dorongan dan perhatian Dinas Pertanian agar jangan hanya berpikir proyek pengadaan saja,” ucapnya.
    Ramdan menilai, sektor pertanian dan peternakan di Kabupaten Tasikmalaya bisa menjadi tulang punggung PAD jika ada pembinaan yang serius dari Dinas terkait.
    ” Jangan berpikirnya lelang proyek pengadaan barang, berpikir keuntungan lainnya. Coba gali potensi masyarakat, jangan banyak teori, ada Dinas Pertanian tapi tak terasa berpihaknya kepada para petani,” tegasnya.
    (Nanang Yudi/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img