spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    BPBD Kota Cimahi Kekurangan Personel

    CIMAHI, FOKUSJabar.id : Memasuki musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi kekurangan pegawai.

    Idealnya untuk bertugas dibutuhkan sebanyak 34 pegawai. Kini, personel BPBD Kota Cimahi yang siaga di lapangan baru 11 orang.

    Kepala BPBD Kota Cimahi, Dani Bastiani mengaku, jumlah anggotanya belum cukup untuk menangani tiga kecamatan yang ada di Kota Cimahi.

    “Jumlah Satuan Tugas (Satgas) per harinya hanya 11 orang. Itu belum cukup,” ungkapnya saat ditemui di Kantor BPBD, Jalan Cihanjuang, Kota Cimahi, Senin (5/11/2018).

    Menurutnya, jika terjadi bencana secara bersamaan. Semisal, pohon tumbang, longsor dan banjir, pihaknya dipastikan bakal keteteran dengan jumlah personel yang ada.

    Dia menambahkan, idealnya per harinya 30 orang. Jadi, jika terjadi bencana secara bersamaan pihaknya tidak kewalahan dalam pembagian tugas.

    ” Idealnya beranggotakan 30 orang Satgas per harinya. Dengan begitu, tidak akan keteteran dalam pembagian tugas jika terjadi bencana bersamaan,” ucap dia.

    Pihaknya akan melibatkan beberapa Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) untuk mangantisipasi kekurangan anggota di lapangan.

    Sebagaimana diketahui, dalam sepekan terakhir di Kota Cimahi telah terjadi dua kejadian pohon tumbang, banjir di kawasan Melong dan Longsor di kawasan Cipageran.

    Atas kejadian tersebut BPBD Kota Cimahi berkoordinasi bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana),  Pemadam Kebakaran dan Satpol PP dalam menanganinya.

    (Achmad Nugraha/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img