spot_img
Senin 26 Februari 2024
spot_img
More

    Permudah Wisatawan ke Garut, Legislator PKB Setuju Reaktivasi Jalur KA

    GARUT, FOKUSJabar.id : PT Kereta Api Indonesia (Persero), tahun 2019 mereaktivasi empat jalur Kereta Api  (KA) di wilayah Provinsi Jawa Barat. Salah satunya, jalur Cibatu-Garut sepanjang 19 km.

    Rombongan  PT KAI Daerah Operasional (Daop) 2 Bandung pun melakukan pertemuan dengan Komisi B DPRD Garut untuk menyampaikan rencana reaktivasi jalur KA Cibatu-Garut, Kamis (27/9/2018).

    Kepala PT KAI Daop 2 Bandung, Saridal menegaskan, semua teknis sudah disiapkan untuk kelancaran reaktivasi jalur KA Cibatu-Garut.

    Anggota Komisi B DPRD Garut, Aay Syarif Hidayat

     “ Pendataan sudah jalan. Kami targetkan 5 September sudah selesai. Alhamdulillah, dari unit asset pun dari Cibatu hingga Garut sudah selesai,” katanya.

    Sekitar 1500 rumah  yang berada di lahan PT KAI sambung Saridal akan terseret. Terutama, mereka di lahan Right of Way (RoW). Pihaknya pun berencana membangun tiga stasiun. Yakni, Stasiun Garut, Cibatu dan Wanaraja serta sembilan halte.

    “ Mudah-mudahan tahun depan selesai pembangunan dan bisa segera beroperasi. Saat ini warga sangat membutuhkannya. Pasalnya, dari Garut menuju Bandung jika menggunakan mobil kerap terjebak macet,” papar dia.

    Reaktivasi tersebut merupakan pengembangan potensi wisata di Jawa Barat.

    ” Jika sarana transportasinya mudah dan lancar, tentunya postensi wisata yang ada di Garut mudah diakses dan dikunjungi wisatawan lokal dan mancanagara,” sebut Saridal.

    Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi B DPRD Garut, Aay Syarif Hidayat menyambut baik reaktivasi jalur KA. Bagaimana tidak, jalur transportasi Garut-Jakarta melalui KA,  mempermudah para wisatawan luar dan dalam negeri berkunjung ke Kabupaten Garut yang notabene merupakan daerah wisata.

    Selain itu, produksi industri Garut, baik itu jaket kulit, dodol dan produk lainnya akan lebih terangkat. Dengan sendirinya, akan lebih meningkatkan nilai transaksionalnya sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat.

    “ Pada prinsipnya saya sangat setuju reaktivasi jalur KA Cibatu-Garut karena akan memudahkan wisatawan berkunjung ke Kabupaten Garut,” tegas legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang satu ini.

    (Andian/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img