spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Kemampuan Komunikasi Minim Diawali dari Keluarga dan Pendidikan

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Presenter televisi yang kini banting setir sebagai pemateri di berbagai kegiata seminar public speaking, Charles Bonar Sirait (47) menyebut jika persoalan bangsa yang terjadi saat ini sebagian besar diawali karena pola komunikasi yang salah. Kurangnya kemampuan komunikasi diawali dari konsep pendidikan Indonesia yang tidak tepat.

    “Kemampuan komunikasi seseorang itu diawali dari kelompok terkecil yakni keluarga. Jadi, jika banyak terjadi miss-komunikasi di sebuah perusahaan, organisasi bisnis, hingga dalam kehidupan berbangsa, maka patut diduga jika ada kegagalan dalam membangun komunikasi dalam keluarga,” ujar Charles saat ditemui di The Luxton Hotel, Jalan Ir H Djuanda (Dago) Kota Bandung, Jumat (14/9/2018).

    ‎Selain dari keluarga, kemampuan komunikasi masyarakat pun tidak terbentuk sejak masa pendidikan. Konsep pendidikan di Indonesia, dinilai Charles, kurang tepat dengan tidak memberikan porsi cukup bagi siswa mengembangkan kemampuan berkomunikasi.

    “‎Pendidikan kita sejak SD sampai SMA itu sangat minim memberikan waktu bagi siswa untuk tampil berbicara di depan kelas sehingga kemampuan berkomunikasi tidak terlatih. Untuk itu, konsep pendidikan di negara kita ini harus diubah dengan makin banyak memberikan siswa untuk mengembangkan kemampuan komunikasinya,” terangnya.

    Khusus untuk kalangan profesional, kemampuan komunikasi atau public speaking menjadi sangat penting dikuasai. Namun di balik itu, kalangan profesional sangat minim memiliki waktu untuk belajar tentang komunikasi yang baik dalam berorganisasi atau berbisnis maupun dalam hal public speaking.

    “Saya pun mendorong ‎hotel-hotel untuk bisa menggelar pelatihan-pelatihan atau seminar terkait komunikasi ini, karena sebagian besar kalangan profesional ‎itu menghabiskan waktu di hotel. Saya pun mendorong pemerintan untuk menyediakan slot pendidikan lanjutan terkait komunikasi,” tegas pria berdarah batak kelahiran Jakarta, 19 Maret 1971 ini.

    (ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img