spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Stabilitas dan Kondusifitas, Kunci Pileg Pilpres Damai 2019

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) ajak masyarakat untuk menyuarakan semangat damai dan semangat sejuk dalam Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) serta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

    Demikian disampaikan Emil dalam acara ‘Deklarasi Bersama dalam Rangka Mewujudkan Pileg dan Pilpres Damai 2019’ di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Bandung, Rabu (12/9/2018).

    Menurut dia, semangat netralitas menjadi kebutuhan dasar dari penyelenggara demokrasi di Indonesia.

    Untuk diketahui, oada Pileg dan Pilpres 2019 nanti, akan ada 20 partai yang akan menjadi pilihan rakyat.

    “Maka semakin banyak partai semakin tinggi dinamika,” kata dia.

    Adapun tugas KPU nantinya, yakni melaksanakan sebaik- baiknya Pileg maupun Pilpres di 2019. Karena biaya politik yang dikeluarkan tidaklah sedikit.

    “Oleh karena itu, dengan biaya yang sangat mahal. Syarat nomir satunya adalah stabilitas dan kondusifitas,” tutur dia.

    Saat ini, kata dia, sebuah ‘pertikaian’ bisa terjadi dari gadget. Berbeda dengan zaman orde baru, bukan lagi pengerahan masa secara masaif, tetapi saat ini dari dis informasi atau berita bohong.

    “Berita bisa bohong, foto bisa diedit, oleh karena itu saya menitipkan para pimpinan partai agar para pendukung jangan menyebar berita yang belum ‘verified.’ Caranya mudah, ada nggak di media mainstream. Kalau ada news value, pasti dimuat kantor berita,” kata dia.

    Selain itu, berita bohong juga biasanya masuk ke aplikasi WhatsApp. Pihak terkait bisa memonitor dis-informasi tersebut.

    “Termasuk peran ulama, untuk gencar ceramah yang melarang menyebarkan berita bohong,” katanya.

    “Pilihlah pemimpin karena punya solusi yang mantap. Kini zamannya Demokrasi gagasan, bukan kebencian,” sambung Emil.

    Lebih lanjut Emul menyebut bahwa pihaknya akan mendukung dari sisi anggaran untuk KPU, Bawaslu, juga untuk TNI/ Polri, dan institusi lainnya yang terkait dengan pesta demokrasi. Selain itu, pihaknya pun akan siap bertugas dari sisi koordinasi demi suksesnya Pileg dan Pilpres 2019.

    “Sampai suatu hari, saya melihat pesta demokrasi seperti pesta budaya, gembira supaya masyarakat tidak bosan,” harapnya.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img