spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Disdukcapil Temukan 533 DPT Diduga Bukan Warga Banjar, Ini Langkah KPU Kota Banjar

    BANJAR, FOKUSJabar.id: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar menemukan ada sebanyak 533 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang diduga bukan warga Kota Banjar. Data itu didapat dari Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Disdukcapil) Kota Banjar.

    Demikian diungkapkan Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Muklis seusai memimpin rapat pra kondisi rapat pleno DPT di Kantor KPU Kota Banjar di Jalan Husein Kartasasmita No.15, Banjar, Kota Banjar, Rabu (12/9/2018).

    “Sampai nanti malam kita akan tetap cek keakuratan data yang diterima dari Disdukcapil tentang dugaan adanya 533 DPT bukan warga Banjar,” ungkap dia.

    Saat ini, kata Danial,  tim Panitia Pemungutan Suara (PPS) terus melakukan verifikasi akurasi data tersebut dengan mengecek data ke petugas register yakni Capilduk. Apabila hasil akurasi verifikasi data dari 533 itu benar bukan orang Banjar maka KPU akan mencoret sejumlah data itu.

    “Misalnya, dari 533 orang ada 100 atau 50 orang bukan warga Banjar, kami akan coret sesuai rekomendasi Bawaslu Kota Banjar,” jelas dia.

    Untuk diketahui, jumlah DPT sebelum pencermatan mencapai 146.288 orang. Nanti data tersebut bisa bertambah bahkan berkurang berdasarkan pencermatan dari Bawaslu Kota Banjar.

    “Saat ini kami terus melakukan sinkronisasi data sebelum rapat pleno penetapan DPT Pemilu 2019,” kata dia.

    Rapat pleno penetapan DPT akan digelar pada Kamis (13/9/2018) sekitar pukul 09.00 WIB di Kantor KPU Kota Banjar.

    (Boip/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img