spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Warga Desa Linggamukti Garut Ingin Desanya Mekar

    GARUT,FOKUSJabar.id: Ribuan warga Desa Linggamukti, Kecamatan Sucinaraja berharap Pemerintah Daerah (Pemda) Garut agar segera melakukan pemekaran. 

    Kades Linggamukti, Rika Sugiarti

    Alasan warga memang cukup beralasan, selain luas wilayah 459,711 hektar juga jumlah penduduk yang sudah mencapai 6.292 jiwa.

    Baca Juga: Latihan Bersama Panahan Jabar Fokus Pemulihan Fisik

    Ketua Paguyuban Pemuda dan Pemudi Sucinaraja (P3S), Engkus Kusnadi menegaskan, syarat menjadi sebuah desa baru sudah terpenuhi. Yakni, jumlah Kepala Keluarga (KK) sudah mencapai 1.895, memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni.

    Menurut dia,  usulan pemekaran tersebut sudah disampaikan ke Kepala Desa (Kades) Linggamukti, Rika Sugiarti.

    “ Keinginan pemekaran tersebut sudah kami sampaikan ke Bu Kades,” sebut Kusnadi, Selasa (4/9/2018).

    Senada disampaikan tokoh Desa Linggamukti, Asep. Menurut dia, permintaan pemekaran tersebut bukan tanpa sebab. Yakni, masalah pembangunan infrastruktur yang notabene belum merata karena keterbatasan Dana Desa (DD).

    “ Untuk pelayanan publik sudah sangat baik. Namun karena keterbatasan DD yang diterima belum seluruhnya bisa mengkaper seluruh pembangunan karena terbentur luas wilayah,” beber Asep.

    Secara terpisah, Kades Linggamukti, Rika Sugiarti membenarkan keinginan warganya yang menghendaki percepatan pembangunan. Pihaknya berencana mengundang rapat seluruh tokoh masyarakat.

    Hasilnya nanti, akan dia sampaikan ke Bupati Garut, Rudy Gunawan melalui Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD).

    “ Saya akan undang mereka dan hasilnya akan disampaikan kepada Pak Bupati melalui DPMD Kabupaten Garut,” singkat Rika di kantornya. 

    (Andian/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img