spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    BPOM Buka Perwakilan di Kota Tasikmalaya

    TASIKMALAYA, FOKUSJabar.id : Untuk mempercepat akses pelayanan serta pengawasan obat dan makanan di wilayah Priangan Timur, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Jawa Barat  membuka perwakilan di Kota Tasikmalaya.

    BPOM Wilayah Kota Tasikmalaya wilayah kerjanya meliputi Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Kabupaten Pangandaran.

    Kepala Balai Besar BPOM Jawa Barat, I Gusti Ngurah Bagus Kusumah Dewa mengatakan, meski Loka BPOM masih menyewa di Diskoperindag Kota Tasikmalaya, namun siap beroperasi di wilayah Kota Tasikmalaya.

    ” BPOM Kota Tasikmlaya akan mempermudah koordinasi dengan wilayah kerjanya, Tugas, fungsi dan wewenangnya sama seperti Balai Besar POM Bandung,” ungkap Bagus saat Rakor bersama lima daerah wilayah kerja BPOM Tasikmalaya, di ruang rapat Wali Kota Tasikmalaya, Jumat (31/08/2018).

    Perwakilan BPOM tentunya akan membantu masyarakat dalam mendapatkan produk-produk makanan maupun obat-obatan yang aman dan berkualitas.

    ” Sesuai Tupoksi, BPOM di Kota Tasikmalaya siap melakukan pengawasan, investigasi, penyidikan dan penindakan serta pemeriksaan terhadap peredaran obat-obatan dan makanan di sini,” tegasnya.

    Dia berharap, setelah beroperasinya perwakilan BPOM tersebut, masyarakat bisa berperan aktif untuk melaporkan jika menemukan dan mengetahui ada peredaran obat atau makanan ilegal.

    ” Produk-produk makanan dan obat yang beredar harus memenuhi standar keamanan dan kesehatan agar aman, berkualitas dan bergizi. Dengan begitu, aman untuk dikonsumsi masyarakat,” ungkapnya.

    Kepala Loka BPOM Kota Tasikmalaya, Jajat Setia Permana mennyebut, pihaknya akan memberikan edukasi dan bimbingan kepada masyarakat mengenai makanan dan obat-obatan yang tidak berstandar serta membahayakan.

    ” Kami akan menyoalisasikan tugas dan peran BPOM serta membantu masyarakat dengan memberikan pemahaman dan kesadaran terhadap produk ilegal dan kedaluarsa,” singkatnya.

    (Seda/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img