spot_img
Selasa 18 Juni 2024
spot_img
More

    Tugu Gunung Sawal Ciamis Tempat Indah untuk Berkemping

    CIAMIS, FOKUSJabar.id : Kabupaten Ciamis mempunyai tempat kemping dengan panorama indah.  Yakni, Tugu Gunung Sawal yang berlokasi di Desa Gunungsari, Kecamatan Sadananya.

    Di lokasi wisata itu terdapat bumi perkemahan yang belum dibuka secara resmi oleh pemerintah setempat. Hanya sebatas dikelola Karang Taruna.

    Jarak dari pusat kota ke pos pendakian Gunung Sawal sekitar 15 kilometer. Traveler bisa menyewa angkutan kota jurusan Sadananya. Pendaki harus daftar di pos keberangkatan dan membayar tiket masuk Rp3 ribu per orang. Itu untuk rute pendakian.

    Masuk ke area perkemahan harus mendaki Gunung Sawal terlebih dahulu dengan waktu tempuh sekitar 40 menit dari pos pendakian. Rute yang harus dilewati pendaki cukup mudah karena terdapat jalur permanen dan beberapa pos untuk istirahat.

    Meski medan yang harus dilalui cukup terjal, namun pendaki tidak akan merasa lelah. Karena pemandangan di sepanjang jalan sangat indah dengan rimbunnya ribuan pohon vinus.

    Tiba di puncak Tugu Gunung Sawal, tersedia hamparan untuk mendirikan tenda. Para pendaki bisa melihat luasnya wilayah Priangan Timur seperti Ciamis, Banjar dan Tasikmalaya.

    Di bawah lokasi perkemahan terdapat sungai kecil dengan air jernih. Air tersebut biasa digunakan wisatawan untuk mandi dan keperluan memasak.

    Pada malam harinya, pemandangan juga masih indah. Wisatawan bisa melihat ribuan cahaya lampu permukiman, sehingga mirip hamparan cahaya bintang.

    Di atas tugu Gunung Sawal juga terdapat petilasan Kiyai Zainal Mustofa, sebagai salah satu tokoh Islam.

    Jaja Jaenudin beserta rombongan, saat ini tengah berkemah di Tugu Gunung Sawal. Menurut dia, dulu tempat ini masih liar dan belum dikenal umum.

    ” Memang saya sudah tahu tempat ini. Dulu masih liar dan belum dikenal umum. Sudah bertahun-tahun lamanya saya baru kesini lagi. Ternyata, tempatnya masih indah,” beber Jaja, Rabu (29/8/2018).

    Menurut Jaja, mencari tempat berkemah untuk menghabiskan akhir pekan tidak perlu jauh-jauh. Pasalnya, di Ciamis banyak lokasi yang sangat indah dan cocok dijadikan tempat kemping. Salah satunya, Tugu Gunung Sawal yang memeiliki sumber mata air yang jernih.

    ” Saya yakin, jika dikelola dan dikembangkan dengan baik, tempat ini pasti banyak dikunjungi wisatawan,” pungkasnya.

    (Ibenk/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img