spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Rd Hanif Dinobatkan Sebagai Raja Galuh

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Sejumlah tetua Kabuyutan Petilasan Kerajaan Galuh menobatkan Rd Hanif Radinal Muhtar sebagai Raja Galuh sebagai raja itu dilakukan di Batu Pangcalikan Situs Karang Kamulyan Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Senin (23/7/2018).

    Menurut Aip Sarifudin dari Kabuyutan Apun Pager Gunung Cisaga, penobatan Rd Hanif Sebagai Raja Galuh tersebut berdasarkan musyawarah para tetua berbagai kabuyutan yang ada di patilasan kerajaan Galuh dahulu.

    “Sebelum Rd Hanif dinobatkan sebagai raja Galuh kami semua telah mengadakan musyawarah untuk mengangkat dia,” katanya.

    Aip mengatakan, diangkatnya Rd. Hanif sebagai Raja Galuh sebagai perwakilan dari Kerajaan Galuh dikala ada kegiatan silaturahmi antar raja se-nusantara.

    “Selama ini kalau ada kegiatan silaturahmi Raja-raja se Nusantara hanya dari Galuh saja yang tidak ada perwakilanya padahal semua orang tahu sejarah kerajaan Galuh itu seperti apa,” ucapnya.

    Berangkat dari tidak adanya perwakilan dari Galuh tersebut lanjut Aip, maka para tetua dari berbagai kabuyutan menobatkan Rd Hanif sebagai Raja Galuh agar kalau ada kegiatan silaturahmi antar Raja-raja se Nusantara dari Galuh pun ada perwakilanya,

    “Setelah dinobatkan menjadi Raja Galuh nantinya Pak Hanif ini bisa mewakili para kabuyutan dalam silaturahim para raja yang biasa digelar tiap tahun,” ungkapnya.

    (Husen Maharaja/DAR)

    Berita Terbaru

    spot_img