spot_img
Senin 20 Mei 2024
spot_img
More

    Ribuan Warga dan Alumni Unpad Berbaur dalam Padjadjaran Funbike

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ribuan masyarakat, alumni dan civitas akademika Universitas Padjadjaran (Unpad) mengikuti gelaran Padjadjaran Funbike yang mengambil garis start dan finish di Kampus Unpad Iwa Kusumasoemantri, Jalan Dipatiukur Kota Bandung, Sabtu (14/7/2018). Selain menjadi rangkaian Dies Natalis Unpad ke-61, kegiatan Padjadjaran Funbike pun menjadi sarana mempromosikan perhelatan Asian Games XVIII/2018 Indonesia.

    Ketua Pelaksana Padjadjaran Funbike Ari Wibowo menuturkan, pada kegiatan kali ini para peserta ‘menggowes’ sepeda mereka dengan jarak sejauh 8,3 kilometer. Start dari gerbang utama kampus Unpad Iwa KusumaSoemantri, Jalan Dipatiukur, para peserta melintasi beberapa jalan protokol di Kota Bandung. Mulai dari Jalan Teuku Umar, Jalan Dago, Jalan Merdeka, Jalan Bangka, Jalan Panatayudha, dan finish di gerbang utara kampus Unpad Iwa Kusumasoemantri.

    Ribuan masyarakat, alumni dan civitas akademika Universitas Padjadjaran (Unpad) mengikuti gelaran Padjadjaran Funbike (foto Agung)
    Ribuan masyarakat, alumni dan civitas akademika Universitas Padjadjaran (Unpad) mengikuti gelaran Padjadjaran Funbike (foto Agung)

    “Pada gelaran perdana ini, kita bekerjasama dengan Unpad, Kodam III/Siliwangi, kepolisan, serta Kemekominfo dengan mengangkat tema Menjaga Alam, salah satunya dalam mendukung program Citarum Harum serta perhelatan Asian Games XVIII yang akan digelar Agustus 2018 mendatang. Kita berharap kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin pada setiap perayaan Dies Natalis Unpad,” ujar Ari saat ditemui di sela-sela acara, Sabtu (14/7/2018).

    Rektor Unpad Tri Hanggono Ahmad mengatakan, kegiatan Padjadjaran Funbike yang diinisiasi IKA Unpad ini merupakan rangkaian dari kegiatan Dies Natalis Unpad ke-61. Selain itu, pada saat bersamaan akan digelar perhelatan Asian Games XVIII pada Agustus 2018 mendatang di Indonesia sehingga rangkaian acara pun disatukan.

    “Sebelumnya, kita sudah menggelar pre-even dari Semarak Asian Games 2018 di kampus Unpad. Kami ingin mengajak kegairahan sekaligus membina kebahagiaan, kegembiraan, sehat dan sasaran pentingnya mudah-mudahan menjadi inspirasi kota lain menghadapi ekskalasi 18 Agustus,” kata dia.

    Tri sangat optimistis dengan semangat dan dukungan yang mengalir dari seluruh warga, Indonesia akan mampu mencapai hasil yang diinginkan pada Asian Games 208.

    “Kalau di masyarakat sudah terbangun semangat kuat dengan potensi yang besar serta guyub bareng-bareng, maka akan menjadi suntikan positif untuk jadi penyelenggara terbaik dan prestasi olahraga Indonesia,” tegasnya.

    Selain melalui ajang funbike, Unpad pun ingin berkontribusi mendukung pelaksanaan Asian Games 2018 di Indonesia. Baik melalui pemasangan spanduk dan baliho terkait Asian Games XVIII di Indonesia, pihaknya pun akan terus menggelorakan semangat Asian Games 2018 ini dengan seluruh civitas akademika.

    “Bahkan kampus kita di Jatinangor menjadi salah satu tempat latihan tim sepak bola negara peserta Asian Games. Kita persiapkan, kosongkan, perbaiki rumput dan sarana pendukung lain. Saya pun menggelorakan kepada mahasiswa, agar banyak mengkreasikan yel-yel dukungan  yang mengajak semua masyarakat.  Ini bagian dari kita mendukung Asian Games XVIII,” pungkas Tri.

    (Ageng/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img