spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Memasuki Musim Kemarau, Ini Pesan BPBD Kota Tasikmalaya

    TASIKMALAYA, FOKUSJabar.id : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan mewaspadai kebakaran maupun titik-titik api yang akan timbul seiring masuknya musim kemarau.

    Kepala Pelaksana BPBD Kota Tasikmalaya, Yudi Kustiadi mengatakan, berdasarkan perhitungan BMKG khususnya di Jawa Barat, saat ini sudah memasuki perubahan musim dari penghujan ke kemarau. Untuk itu, masyarakat harus mewaspadai dampak dari musim kemarau.

    ” Seperti biasa jika memasuki musim kemarau perlu diwaspadai munculnya titik-titik api, kebakaran termasuk sulitnya air bersih untuk keperluan sehari-hari seperti mandi, cuci dan kakus,” ungkap Yudi Kustiadi, Jumat (13/7/2018).

    Pihaknya pun sudah mengantisipasinya dengan melakukan pemantauan kondisi ke lapangan. Semisal, mengecek titik-titik api dan lainnya. Hal tersebut sebagai bentuk kewaspadaan dini. Pasalnya, yang namanya bencana tidak bisa diprediksi.

    Yudi menambahkan, musim kemarau rumput-rumput di sekitar kita mengering sehingga gampang terbakar.

    ” Tolong masyarakat jangan sembarangan membuang puntung rokok dan berhati-hati jika membakar sampah. Karena, kebakaran itu tidak hanya terjadi karena faktor alam saja tetapi oleh manusia itu sendiri,” terang Yudi.

    Menurut dia, ada tiga wilayah di Kota Tasikmalaya yang masuk zona merah rawan munculnya titik-titik api.

    ” Kita sudah petakan tiga kecamatan yang rawan muncul titik api. Yakni, Kecamatan Tamansari, Kawalu dan Cibeureum. Karenanya, kami minta para relawan BPBD yang berada di tiga kecamatan lebih meningkatkan kewaspadaan dengan terus melakukan pemantauan titik-titik api di lapangan,” pintanya.

    Lanjutnya, sejak memasuki kemarau sudah ada warga yang meminta dan melapor ke BPBD untuk disuplai air bersih.

    ” Memasuki musim kemarau, sudah ada daerah yang mengalami kekeringan. Kami siap jika masyarakat meminta untuk disuplai air bersih dan itu pun sudah kita laksanakan,” pungkasnya.

    (Seda/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img