spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    DPRD Dorong Disdukcapil Jabar Lakukan Pemutakhiran Data Penduduk

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat, menekankan pentingnya pemuktahiran data penduduk dalam mendukung berbagai program di daerah.

    “Kami akan terus mendorong Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Jawa Barat melakukan pemutakhiran data penduduk mengingat fungsinya sangat penting,” kata Wakil Ketua Komisi IDPRD Provinsi Jawa Barat, Sri Budihardjo di Bandung, Senin (2/7/2018).

    Sri mangatakan, pemutakhiran data penduduk bisa menjadi solusi terkait masalah urbanisasi penduduk dan pertambahan penduduk, terutama setelah Lebaran.

    BACA JUGA:

    Tim Damkar Rancah Berhasil Evakuasi Anak Meninggal di Dalam Gorong-gorong

    “Habis Lebaran itu biasanya ada urbanisasi atau perpindahan penduduk dari desa ke kota, jadi ini harus terus dilakukan untuk mengantisipasi penduduk yang tidak terdata. Hal itu berdampak pada semua sektor pencatatan secara administrasi,” ujarnya.

    Pihakya juga menemukan adanya keterlambatan dalam pemutakhiran data penduduk oleh dinas kependudukan dan catatan sipil di Kabupaten Purwakarta. Menurut dia, Kabupaten Purwakarta hampir sama dengan wilayah Bandung Raya yang menjadi sasaran Urbanisasi karena dinilai memiliki banyak kesempatan lapangan kerja.

    “Padahal, urbanisasi tersebut seharusnya dikondisikan atau dikoordinasikan dengan pemerintah setempat agar urbanisasi tersebut dapat diawasi dengan baik. Jadi Harus ada kontrol untuk memutakhirkan data penduduk,” pungkasnya.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img