spot_img
Rabu 1 Mei 2024
spot_img
More

    Ada Penampakan Makhluk Gaib di Astana Ki Dongkol

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Masyarakat Desa Ciparay yang masih mempercayai hal gaib meyakini bahwa di hutan sekitar Astana (Maqom) Ki Dongkol di Dusun Cibuluh, Desa Ciparay, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis sering ada  penampakan mahluk gaib.

    “Percaya atau tidak, seorang warga (pemilik lahan) pernah mengalami hal aneh bahkan stres, setelah menebang pohon besar di lingkungan hutan tempat Maqom Ki Dongkol,” kata Rustam (67) warga sekitar.

    baca juga: Misteri Pohon Sertu: Dua Warga Ciamis Meninggal

    Selain ada penampakan mahluk gaib, masyarakat pun percaya bahwa suasana di hutan lingkungan Maqom Ki Dongkol tersebut angker. Bahkan, menebang pohon di sekitar hutan itu menjadi hal tabu bagi masyarakat.

    Rustam mengatakan, memang sejumlah masyarakat di sini masih percaya bahwa warga yang tiba-tiba stress itu akibat menebang pohon di lingkungan hutan dekat Maqom Ki Dongkol. Mereka percaya bahwa pohon yang ditebang itu ditunggui mahluk gaib.

    “Beberapa saat setelah menebang pohon di lingkungan maqom Ki Dongkol tiba-tiba orang itu seperti hilang ingatan,” kata dia.

    Karena banyak kejadian aneh yang tidak masuk nalar, maka wargapun tidak berani lagi menebang pohon yang ada di hutan sekitar Maqom Ki Dongkol tersebut.

    “Walaupun hutan itu luas dan berbagai kayu banyak tumbuh di sana,, pemilik lahan maupun warga di sini tidak berani menebangnya apalagi sampai menjualnya,” ungkapnya.

    Menurut cerita orangtua terdahulu, Ki Dongkol adalah orang sakti yang memiliki berbagai ilmu kanuragan.

    (Husen Maharaja/DAR)

    Berita Terbaru

    spot_img