spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Ribuan Narapidana Mencoblos di Pilgub Jabar

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: Ribuan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat akan mencoblos pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018 nanti.

    Kepala Lapas Kelas II A Cibinong Anak Agung Gede Krisna mengatakan, sebanyak 1.255 warga binaan dinyatakan berhak ikut memilih.

    “Itu sudah dilakukan sosialisasi pada jumlah keseluruhan yang terbagi dalam sistem blok. Dan hal tersebut akan berlangsung pada 27 Juni 2018,” kata Krisna seperti dilansir CNN, Senin (28/7/2018).

    Menurut dia, pihak Lapas telah menyelenggarakan simulasi Pemungutan Suara pada Pilkada Jawa Barat sebagai bentuk simulasi dan serta mempraktikkan cara pemungutan suara.

    BACA JUGA: 19 Narapidana di Lapas Ciamis Dibebaskan

    “Mereka hanya kehilangan kemerdekaan bergerak saja, sehingga mereka tetap memiliki hak politik untuk memilih calon pemimpin dalam gelaran pemilihan umum,” tambahnya.

    Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor, Haryanto Surbakti membenarkan bila sudah dilakukan sosialisasi terkait pencoblosan yang berada di Lapas Kelas II.A Cibinong.

    KPU akan memfasilitasi setiap warga negara untuk menyalurkan hak pilihnya. Dan hal tersebut sudah dilakukan koordinasi dengan struktural lapas guna kondusifitas.

    (Agung/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img