spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Bangun Ekonomi Umat, Aries Siap Gandeng Masjid

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung nomor urut 2 Yossi Irianto-Aries Supriatna semakin menunjukkan keberpihakannya pada peningkatan ekonomi umat.

    Calon Wakil Wali Kota Bandung Aries Supriatna ingin mengoptimalkan peran masjid untuk membangun dan memberdayakan ekonomi umat.

    Selain sebagai pusat pendidikan dan tempat ibadah, dia berharap masjid pun bisa berperan sebagai tempat membangun ekonomi umat, seperti yang pernah dicontohkan Rasulullah SAW.

    Menurut dia, masjid adalah tempat ibadah kaum muslimin yang memiliki peran strategis untuk kemajuan peradaban Islam.

    Aries menyebut bahwa sejarah telah membuktikan multi fungsi peranan masjid itu.

    Bahkan ketika Rosulullah hijrah dari Mekkah ke Madinah, kebijakan Rosulullah yang pertama adalah membangun masjid sebagai tempat ibadah, menguatkan rasa persaudaraan, dan mendalami ajaran Islam baik dalam segi ibadah maupun mualamah.

    Di masa kini, banyak masjid berdiri megah dan mewah, tetapi masih banyak jamaah masjid itu yang ekonominya jauh dari cukup.

    “Kami ingin menghidupkan fungsi masjid untuk pengembangan dan pemberdayaan ekonomi umat. Karena belum semua masjid bisa mengembangkan ekonomi umat atau jamaahnya,” kata Aries saat di kawasan Jalan Pajajaran Bandung, Senin (21/5/2018).

    Dia mengaku tidak main-main dengan gagasan itu. Hal itu dibuktikan dengan memasukkan program pemberdayaan ekonomi umat berbasis masjid ke dalam 15 program unggulan pasangan Hebring bila diberi amanah memimpin Kota Bandung.

    “Kami ingin memberdayakan majelis-majelis taklim agar ibu-ibu pengajian pun memiliki ekonomi kuat. Kami akan bantu dengan memberikan pelatihan wirausaha, koperasi, bantu akses permodalan dan akses market (pasar),” kata Aries.

    Di Kota Bandung, kata dia, sudah ada beberapa masjid yang mampu menggerakkan roda ekonomi jamaahnya terutama melalui majelis taklim dan koperasi atau baitul mal. Salah satunya, kata Aries, seperti salah satu masjid di kawasan Cihampelas.

    “Di Cihampelas ada satu masjid yang jamaah majelis taklimnya punya kegiatan ekonomi. Mereka bisa membuat boneka dan hasilnya dijual. Para anggota majelis taklimnya bisa memiliki penghasilan yang lumayan. Apalagi kalau itu didorong dengan bantuan pemerintah,” kata dia.

    Aries optimistis program itu bisa berjalan massif dan berhasil mengembangkan ekonomi umat mengingat hampir setiap RW di Kota Bandung memiliki masjid dan majelis taklim.

    “Insya Alloh jangkauan program ini akan sangat massif karena hampir tiap masjid punya majelis taklim. Ini potensi yang harus kita dorong,” ungkap Aries.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img