spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    67 Persen Iing – Oih Menang di TPS

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Survei Strategi Indonesia (SIGI) merilis hasil survei Pilkada Ciamis 2018 dengan keunggulan pasangan nomor 1 Herdiat-Yana jika Pilkada Ciamis digelar Mei. Lembaga survei dibawah Lingkaran Survei Indonesia (LSI) networking ini mencatat kemenangan Herdiyat-Yana dengan 52,3 persen. Sementara pasangan Iing-Oih hanya meraih suara sebesar 35,7 persen.

    Kemenangan Herdiat-Yana versi SIGI ini, ternyata tidak membuat Tim Pemenangan Iing-Oih terganggu. Ketua Tim Pemenangan Iing-Oih, Arif Ismail Choas mengaku sangat santai membaca hasil survei yang dirilis SIGI di beberapa media massa.

    “Kalau itu (Herdiat-Yana-red) menang di survei jika Pilkada digelar hari ini, maka Iing-Oih menang di TPS pada 27 Juni nanti, saya masih optimis dan sangat optimis, Iing-Oih menang 67 persen,” kata Ismail Choas, kepada FOKUSJabar.id, Selasa (14/5/2018).

    Arif mengatakan, sah-sah saja tim sukses rival melakukan manuver politik dengan memainkan angka-angka survei. Iing-Oih kata Arif, tidak fokus pada bagaimana menaikan elektabilitas dalam survei, tetapi fokus pada bagaimana meraih suara rill di TPS.

    BACA JUGA: Kesal dengan Keputusan Pilkades, Massa Serbu TPS

    “Survei itu kan hanya mensimulasikan Pilkada yang jumlah hak pilihnya hampir satu juta, diwakili oleh jumlah responden yang hanya 400 an. Survei itu fakta akademis yang tidak mutlak benar, yang fakta kongkret itu di TPS. Kemenangan di TPS lah yang mengantarkan Iing-Oih memimpin Ciamis kembali,”

    “Ini Resiko head to head pada Pilkada Ciamis dan kondisi masyarakat sekarang sudah kelihatan baik pendukung Iing-Oih maupun HY. Mereka sengaja mempublish itu untuk mempengaruhi masyarakat, artinya ini yang galau itu siapa ?. Sekalipun kami juga punya catatan survei dari lembaga survei dan menang, kami tidak akan mempublish karena strategi kami tidak sama, sekali lagi Insya Allah 67 persen Iing – Oih menang, tidak perlu ada penjelasan tambahan,” jelas Arif.

    Ketika didesak lembaga survei mana yang memunculkan angka kemenangan Iing-Oih di angka 67 persen beserta analisisnya, Arif tidak mau membocorkannya. “Angka itu hasil survei juga, metodenya bisa dipertanggungjawabkan, dan hak kami juga untuk tidak mempublish secara detail, itu hanya jadi gambaran saja buat kami bergerak, bukan untuk diketahui publik, yang perlu diketahui publik Ciamis adalah bagaimana prestasi kerja Iing-Oih sebagai calon petahana, apa saja kelebihannya, dan apa saja program unggulannya melanjutkan pemerintahan, itu yang penting,” pungkas Arif.

    (DH)

    Berita Terbaru

    spot_img