spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Gelar bagi Gubernur Gyeongsangbuk-Do

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Pemberian gelar Doktor Kehormatan atau Doctor Honoris Causa oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) bagi Gubernur Gyeongsangbuk-Do, Mr Kim Kwan-yong dinilai sebagai hal tepat dilakukan. Pemberian gelar Doktor Honoris Causa didasarkan beberapa alasan.

    Ketua Tim Promotor, Prof. Fuad Abdul Hamied, Ph.D mengatakan, Kim Kwan Yong yang saat ini sedang menjabat sebagai Gubernur Provinsi Gyeongsangbuk-Do, mampu menjadikan provinsi tersebut menjadi salah satu provinsi termaju di Korea Selatan dalam bidang ekonomi dengan perdagangan dan industri sebagai andalannya. Selain itu, provinsi Gyeongsangbuk-Do dikenal sebagai salah satu kekuatan dan tulang punggung Korea Selatan dalam bidang olahraga di tingkat internasional.

    “Gubernur Gyeongsangbuk-Do, Kim Kwan-yong pun telah memainkan peran yang amat besar dan amat berjasa dalam memprakarsai dan menjalin kerjasama strategis di bidang olahraga antara provinsi Jawa Barat dan provinsi Gyeongsangbuk-Do. Kerjasama ini pun menjadi titik awal hubungan baik antara kedua provinsi, serta menjadikannya sebagai pintu gerbang utama dalam merealisasikan hubungan kerja sama serupa dalam bidang pembangunan lainnya. Itu strategi gemilang, yang dapat disimpulkan dari bidang disiplin ilmu sport policy dalam memanfaatkan olahraga untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan sektor pembangunan lainnya,” ujar Fuad usai acara Penganugerahan Gelar Doctor Honoris Causa bagi Kim Kwan-yong di gedung Achmad Sanusi, kampus UPI, Jalan Setiabudi Kota Bandung, Selasa (8/5/2018).

    BACA JUGA: KONI Masih Agendakan TC Pelatda PON XX Jabar di Gyeongsangbuk-Do, Korea Selatan

    Hal tersebut, lanjutnya, hanya bisa dipikirkan dan diimplementasikan oleh pemimpin yang menyadari peran besar olahraga. Kim Kwan-yopng sebagai Guberur Gyeongsangbuk-Do, memandang jika olahraga memiliki peran strategis untuk menggulirkan proses pembangunan secara terpadu dalam sistem pembangunan dan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang kokoh. Pengelolaan olahraga di Provinsi Gyeongsangbuk-Do pun memiliki spektrum tata kelola yang memperhitungkan olahraga dalam makna luas.

    Tidak hanya terfokus kepada upaya peningkatan prestasi, sebagaimana sering dipersepsi sempit oleh negara berkembang, olahraga diberi warna spirit membangun dan mendorong warga bangsanya untuk menjadi manusia yang lebih
    komprehensif termasuk dalam bidang industri olahraga dan promosinya. Selain itu, Kim Kwan-yong pun merupakan seorang sarjana ekonomi dan memiliki gelar dalam bidang Administrasi Publik.

    Dengan latar belakang pendidikan tersebut, diyakini benar jika Gubernur Kim Kwan Yong, baik sebagai pribadi maupun sebagai pemimpin, memiliki peran besar dalam penetapan program atau tugas pengembangan olahraga di wilayah provinsinya. Apalagi Kim Kwan-yong sudah menjabat sebagai gubernur provinsi Gyeongsangbuk-Do untuk tiga periode berturut-turut.

    “Satu kesan yang dapat disimpulkan, Gubernur Kim Kwan-yong merupakan pribadi yang memiliki pemihakan yang kental terhadap kebijakan pembangunan olahraga di provinsinya. Kebijakan ini memainkan peran sentral dalam peningkatan kemajuan kesejahteraan dan kemakmuran daerah yang dipimpinnya melalui peningkatan kualitas manusianya, serta sekaligus melalui peningkatan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi provinsi yang dibawahinya,” tegasnya.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img