spot_img
Jumat 17 Mei 2024
spot_img
More

    Dedi Mulyadi Kritik Pagar Besi di Situs Pangcalikan

    CIAMIS,FOKUSJabar.id : Calon wakil Gubernur Jawa Barat yang juga mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengkritik pembangunan situs Situs Bojong Galuh Karangkamulyan di Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Menurut Dedi pembangunan cagar alam itu jangan sampai merubah nilai tradisinya.

    “Bahan untuk membangun Situs Bojong Galuh Karangkamulyan ini banyak tersedia seperti bambu dan ijuk untuk atap sebuah bangunan, jangan malah pakai pagar besi atau bahan bangunan moderen,” katanya di sela-sela mengikuti acara adat Ngikis, Senin (7/5/2018)

    Dedi juga meminta pemkab Ciamis memperhatikan nilai tardisional dalam membangun situs Situs Pangcalikan yang kini sudah berubah. “Situs itu dipagar menggunakan besi maka harus dikembalikan seperti awalnya Kan Ciamis mempunyai tradisi kuat sehingga pemagaran Situs Pangcalikan dengan pagar besi itu tidak ada relevansinya,” kata Dedi yang selalu memelihara budaya sunda.

    Dedi melanjutkan, kelemahan pemerintah saat ini hampir semua kegiatan hanya berbasis proyek yang seharusnya berbasis nilai.

    “Pembangunan harus sesuai nilai dan kondisi jangan sampai merubah tradisi,” ucapnya.

    (Husen Maharaja/DAR)

    Berita Terbaru

    spot_img