spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Dinilai Haram, Desa Temanggung Tolak Imunisasi

    TEMANGGUNG, FOKUSJabar.id: Sejumlah warga di 12 desa di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menolak imunisasi karena menganggap vaksin imunisasi haram.

    “Masih ada 12 desa yang menolak untuk imunisasi, tetapi tidak semua warga di desa tersebut menolak. Masih ada warga yang mau diimunisasi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Suparjo. di Temanggung, Rabu (2/5/2018), seperti dilansir CNN.

    Suparjo megatakan sejumlah desa yang menolak imunisasi antara lain Desa Bengkal dan Badran Kecamatan Kranggan, Desa Bonjor Kecamatan Tretep dan beberapa desa di kecamatan lainnya.

    “Warga yang menolak imunisasi itu menganggap bahwa vaksin yang digunakan untuk imunisasi terbuat dari minyak babi,” katanya.

    Suparjo tidak bisa memastikan kandungan vaksin tersebut. Namun, menurut dia, vaksin yang digunakan untuk imunisasi ini adalah produk dari Bio Farma Bandung yang juga digunakan oleh 152 negara.

    BACA JUGA: Helikopter Basarnas jatuh di area perbukitan Gunung Butak, Desa Temanggung

    “Negara-negara yang penduduknya muslim juga mengambil vaksin dari perusahaan tersebut,” katanya.

    Selain itu, Suparjo mengatakan pihaknya telah melakukan upaya-upaya advokasi dengan memberikan pemahaman agar warga di desa yang sampai saat ini masih menolak imunisasi bisa menerima vaksin yang ditujukan untuk kesehatan ini.

    Sebelum memberikan pemahaman kepada warga, para tokoh masyarakat dan agama yang dilibatkan terlebih dulu diajak berkunjung langsung ke Pabrik Bio Farma.

    “Para tokoh agama ini melihat langsung proses pembuatannya dan mereka mengetahui secara langsung bahwa vaksin yang digunakan untuk imunisasi ini benar-benar halal. Tidak seperti dugaan masyarakat yang masih menolak imunisasi,” tutur Suparjo.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img