spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Uu Ajak Orangtua Lebih Perhatikan Anak

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Calon Wakil Gubernur Jawa Barat nomor 1 Uu uzhanul Ulum mengajak orangtua lebih meningkatkan perhatian kepada anak-anak.

    Terlebih, kata dia, Proses tumbuh kembang dan perilaku anak ke depan sangat bergantung dari kepedulian dan pola pendidikan yang diterapkan keluarga tersebut.

    Hal itu diungkapkan Uu karena keprihatinannya, menyusul kembali maraknya tawuran yang melibatkan anak-anak. Seperti diketahui, siswa sekolah dasar (SD) di Purwakarta nyaris tawuran dengan menggunakan senjata tajam, baru-baru ini.

    Uu mengatakan, orangtua harus terdepan dalam memberi pendidikan yang baik untuk anak-anak. Mereka tidak bisa menyerahkan segalanya ke pihak sekolah.

    Dia mencontohkan, sentuhan kasih sayang dan ajaran dari ibu akan melekat dan membuat hubungan emosional yang baik  antara orangtua dan anak.

    “PAUD dan TK itu sifatnya sekunder. Justru jika  orangtua punya waktu  di rumah,  sebaiknya pendidikan agama dan akhlak diajarkan langsung oleh orangtua,” kata Uu.

    Tawuran yang terjadi, kata dia, karena anak-anak kurang mendapat pendidikan keagamaan dari keluarga, sehingga menurut dia, emosional mereka tidak stabil.

    “Ini sangat luar biasa, karena mereka masih usia belia. Beruntung kepolisian bisa menggagalkan rencana itu (di Purwakarta),” kata Uu.

    Lebih lanjut Uu mengatakan bahwa orangtua harus lebih serius memberi perhatian dan pendidikan kepada anak-anak. Pendidikan keagamaan harus diutamakan agar karakter anak menjadi baik.

    Menurut dia, anak tidak cukup diberi pendidikan duniawi saja, tetapi harus diberikan pendidikan ukhrowi.

    Dia optimistis, karakter anak akan semakin baik jika pemberian pendidikan dilakukan secara baik, yakni tanpa melupakan keagamaan.

    “Dengan pendidikan agama, Solat, mengaji, dan akhlak yang mulia, anak-anak akan menjadi generasi yang cerdas dan Soleh,” kata dia.

    Oleh karena itu, menurutnya pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum memiliki program yang tepat untuk menjawab kebutuhan itu semua.

    “Ada program Maghrib Mengaji. Anak-anak wajib ke masjid saat Maghrib untuk Solat, mengaji dan belajar tentang akhlak yang baik. Program ini untuk menjaga keseimbangan antara pendidikan duniawi dan ukhrowi anak-anak,” jelas Uu.

    Berita Terbaru

    spot_img