spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    KCD Pendidikan Wilayah XI Jabar: Siswa Berprestasi Jangan Cepat Puas

    GARUT, FOKUSJabar.id : Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Garut, Cecep R Rusdaya menyebut, penyelengaraan kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) serta Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMA se-Kabupaten digelar secara serentak di Aula Musadadiyah, Kamis (19/4/2018).

    Ketua MKKS SMA Kabupaten Garut, Cecep R Rusdaya (Foto. Andian)

    Menurut Cecep, kegiatan O2SN dan PLS2N untuk menggali berbagai potensi  peserta didik yang masih duduk di bangku kelas X dan XI sekaligus ditetapkan sebagai delegasi ke tingkat Provinsi Jawa Barat.

    “ Kegiatan ini untuk menggali potensi siswa, memberikan motivasi  juang dan menyalurkan minat serta bakat anak didik terhadap keolahragaan dan kesenian,” papar Cecep, Kamis (19/4/2018).

    Terlebih, O2SN dan FLS2N merupakan agenda rutin Direktorat Pembinaan SMA Dirjen Dikdasmen Kemendikbud yang wajib digelar setiap tahun. Mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, nasional hingga internasional. Moto kegiatan yang diusung, “ Jauhi Narkoba, Raih Prestasi.”

    Tahun 2006, kompetisi olahraga pelajar ini diberi nama Pekan Olahraga Pelajar SMA (POP SMA). Namun sejak 2008, berganti nama menjadi O2SN dengan persyaratan dan ketentuan teknis yang telah ditetapkan di dalam panduan juklak/juknis.

    Sementara FLS2N selain untuk menggali potensi berdasarkan minat dan bakat dibidang seni juga untuk membentuk kepribadian serta karakter yang baik.

    FLS2N 2018 kata Cecep bertemakan “ Seni sebagai Inspirasi Keteladanan dalam Pendidikan Karakter.”

    “ Makna tema tersebut untuk mengkampanyekan pentingnya aspek keteladanan dalam implementasi peguatan pendidikan karakter bagi peserta didik SMA menuju bangsa yang berkarakter serta berbudaya,” ungkap Cecep.

    Cabang Olahraga (Cabor) yang dipertandingkan diantaranya, Pencak Silat, Atletik, Renang, Bulutangkis dan Eksebisi Voli putra-putri, Lomba Baca Puisi, Cipta Puisi, Design Poster, Lomba Film pendek, Gitar Solo, Lomba Kriya putra dan putri, Teater Monolog, Lomba Tari dan lomba solo vokal putra-putri.

    “ Semoga O2SN dan FLS2N mencetak sekaligus melahirkan atlet-atlet berprestasi dan dapat berlaga di tingkat nasional serta internasional,” harap Cecep.

    Sementara Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah XI Jawa Barat, Lilis Rosita mengapresiasi kegiatan O2SN dan FLS2N tingkat Kabupaten Garut yang digelar di Aula Musadadiyah.

    Pihaknya berpesan, prestasi peserta didik harus dibina dari sekarang. Lalu, bagi para siswa yang berprestasi saat ini jangan dulu berpuas hati, karena perjuangan belum selesai. Artinya, masih akan berlaga di tingkat Jawa Barat. Bahkan tidak menutup kemungkinan melaju ke nasional dan internasional.

    ” Yang menang saat ini jangan dulu puas. Terus tingkatkan kemampuan untuk berlaga di tingkat Jawa Barat, nasional dan internasional,” singkat Lilis.

    (Andian/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img